Sandiaga Uno Mau Destinasi Wisata Gunakan Kendaraan Listrik
Photo by Andrew Roberts on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bilang, ke depannya destinasi wisata di Indonesia bakal menggunakan Battery Electric Vehicle atau kendaraan berbasis listrik.

Pernyataan itu tertuang sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertuang dalam Instruksi Presiden No. 7 Tahun 2022 mengenai Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai kendaraan Dinas Operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Ini jadi masa depan yang optimis bagi pariwisata yang berkualitas, yaitu arahan dari bapak Presiden Jokowi, terhadap penggunaan mobil listrik di sektor Kemenparekraf, untuk mendukung green tourism," kata Sandiaga, Selasa 20 September.

Sandiaga melanjutkan, hal ini juga untuk mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik di setiap destinasi wisata. Dan juga mendukung, bahwasannya pariwisata kedepannya harus ramah lingkungan.

Ia menambahkan, persiapan G20 yang akan digelar di Bali nanti, sudah didukung dengan menggunakan kendaraan listrik.

"Bali kita targetkan 2030 untuk menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

Sandiaga menyebut, terdapat beberapa destinasi wisata seperti Pagar Alam, Sumatera Selatan yang sudah mulai menggunakan energi baru. Begitu juga Nusa Penida, akan segera diarahkan untuk menggunakan kendaraan energi ramah lingkungan.

"Ini tentunya sesuai dengan instruksi dan arahan Presiden Republik Indonesia," pungkasnya.