Polda Kembali Gelar Tes COVID-19 Massal di Petamburan Besok
Gedung Polda Metro Jaya (DOK. VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya akan kembali menggelar tes COVID-19 massal di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, besok, Jumat, 27 November.

Rapid test gratis ini, kata  merupakan tindak lanjut penelusuran penyebaran COVID-19 dari kerumunan acara Maulid Nabi dan pernikahan yang digelar Rizieq Shihab.

"Jumat besok, kita akan rapid massal lagi di petamburan. dengan melibatkan TNI dan Pemda DKI, dalam hal ini Gugus Tugas," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis, 26 November.

Yusri meminta warga Petamburan dan sekitarnya yang sempat mengikuti kegiatan kerumunan tersebut untuk datang menjalani tes massal besok.

"Ini bagian sosialisasi juga. Bagi warga petamburan bagi yang merasa pernah ada sentuhan dalam kerumunan tersebut, untuk bisa sadar melakukan tes karena kita mengedepankan protokol kesehatan," kata  Yusri.

Beberapa waktu lalu, Polda Metro Jaya juga menggelar tes massal di SD Negeri Petamburan 01-03 Jakarta selama tiga hari. Ribuan alat rapid test telah disiapkan.

Sayangnya, banyak warga yang memilih untuk tidak datang ke lokasi rapid test massal tersebut. Selama dua hari terakhhir, baru ada 276 warga yang menjalani rapid test, yakni 89 orang pada hari Minggu 22 November, 80 orang pada Senin, dan 107 pada Selasa, 24 November.

Pada tes massal hari ketiga, Yusri menyebut ada lima orang yang dinyatakan reaktif COVID-19. Ketika hendak dites ulang, ada tiga orang warga yang kabur meninggalkan lokasi.

"Saat kita test ulang lagi, ada 3 yang meninggalkan tempat. Ini yang masih kita susuri. Kita mengharapkan secara persuasif dulu. Makannya, kita mengharapkan itu bisa datang ke tempat dimana dilakukan tes yang ada," ujar Yusri.