Petugas Damkar Evakuasi Buaya Masuk Kolam Warga di Bintan
Petugas Dmakar mengevakuasi seekor buaya masuk ke dalam kolam warga di Desa Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (14/9/2022). (ANTARA/HO-UPT Damkar Kecamatan Toapaya)

Bagikan:

BINTAN - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengevakuasi seekor buaya sepanjang hampir dua meter yang masuk kolam warga Desa Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Kami mendapat laporan dari bhabinkamtibmas Polres Bintan bahwa ada buaya masuk ke kolam ikan warga, sore tadi," kata Kepala UPT Damkar Kecamatan Topaya, Makmur, di Bintan dilansir ANTARA, Rabu, 14 September.

Selanjutnya, Makmur memerintahkan Tim Damkar Toapaya turun langsung ke lapangan untuk melakukan proses evakuasi terhadap buaya tersebut.

Dia mengatakan tim yang bertugas memakai alat rescue dan evakuasi dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan.

"Kondisi di lapangan kondusif. Buaya akhirnya berhasil dievakuasi dengan bantuan bhabinkamtibmas dan warga setempat sebelum Shalat Maghrib," ujarnya.

Makmur menyebutkan reptil bertubuh besar yang hidup di air itu akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kota Batam, Kamis (15/9).

"Untuk sementara, buaya diamankan di kantor Damkar Toapaya dalam kondisi diikat tali dan mulut dilakban," ucap Makmur.

Warga setempat diminta segera melapor ke petugas Damkar atau pihak berwenang terkait lainnya apabila menemukan buaya atau hewan berbisa masuk ke lingkungan pemukiman warga agar dapat ditangani segera.

"Warga jangan bertindak sendiri, karena hewan jenis ini sangat berbahaya bagi manusia," katanya.