TNI Punya 'Juru Bicara' yang Baru, Namanya Laksma TNI Kisdiyanto
Kapuspen TNI Laksma TNI Kisdiyanto dan mantan Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa (ANTARA/HO-Puspen TNI)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melantik Laksma TNI Kisdiyanto sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Mayjen TNI Prantara Santosa yang dipindahtugaskan menjadi Staf Khusus KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pelantikan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kisdiyanto sebagai Kapuspen TNI dilakukan di Aula Gatot Soebroto, Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor 818/VIII/2022 pada tanggal 29 Agustus 2022.

Usai pelantikan yang dilanjutkan dengan acara lepas sambut pejabat Kapuspen lama dan baru di Aula Balai Wartawan Puspen TNI, Mabes TNI Cilangkap, Kisdiyanto memohon doa restu dan dukungan dari seluruh anggota Puspen TNI serta ibu-ibu Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Cabang BS 15 untuk bekerja sama agar ke depannya Puspen TNI menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Kapuspen TNI Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Prantara Santosa menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga-nya terhadap kinerja serta loyalitas yang tinggi dari seluruh anggota Puspen TNI dalam mendukung keberhasilan tugas pokok Puspen TNI.

Selanjutnya, Kisdiyanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kemajuan yang dicapai Puspen TNI selama berada di bawah kepemimpinan Prantara Santosa itu.

Laksma TNI Kisdiyanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Ke-36 pada tahun 1990. Menurut dia, jabatan di Puspen TNI bukanlah hal yang baru, karena selama ini dia telah berkecimpung dalam bidang tersebut dengan jabatan Wakil Kepala Pusat Penerangan (Wakapuspen) TNI.

Selama berdinas di TNI, Kisdiyanto telah mendapat kepercayaan untuk menjabat di berbagai jabatan strategis. Di antaranya, Komandan KRI Fatahillah-361/Satkor Koaramatim, Komandan KRI Tjiptadi-381/Satkor Koarmatim, Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355/Satkor Koarmatim, Aspers Makoarma Koarmabar, dan Dankolat Koaramatim dan Danguskamla Koarmada II.

Selain Kisdiyanto yang diamanahkan menjadi Kapuspen TNI, dalam surat keputusan yang sama, Jenderal Andika juga memimpin serah terima jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II dari Marsekal Madya (Marsdya) TNI Imran Baidirus kepada Marsekal Muda (Marsda) TNI Novyan Samyoga.

Berikutnya, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI dari Mayjen TNI Benny Octaviar kepada Mayjen TNI Herianto Syahputra, Asisten Kebijakan Strategis dan Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI dari Laksamana Muda (Laksda) TNI Heru Kusmanto kepada Laksma TNI Hery Puranto, dan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI dari Marsekal Pertama (Marsma) TNI Bonang Bayuaji kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Winarto.