Raja Charles III: Hidup Saya akan Berubah
Foto Raja Charles III via @RoyalFamily

Bagikan:

JAKARTA - Kehidupan Raja Charles III akan sontak berubah total setelah bakal diangkat sebagai pengganti Ratu Elizabeth II memimpin Inggris Raya. Dan Raja Charles sudah siap dengan itu semua.

Raja Charles bersumpah untuk melayani dengan kesetiaan, rasa hormat, dan cinta negaranya, dalam pidato yang disampaikan seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu 10 September.

Pidato Raja Charles III ini begitu emosional. Sambil lalu, dia juga memberikan penghormatan kepada ibunya, sang Ratu.

“Ratu Elizabeth menjalani hidup dengan baik, sebuah janji dengan takdir yang ditepati. Janji pelayanan seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini," kata Raja Charles III.

Dalam pidato yang mencerminkan transisinya dari pewaris takhta menjadi raja, ia juga mengakui perannya harus berubah.

"Saya dibesarkan untuk menghargai rasa kewajiban kepada orang lain, dan untuk menghormati tradisi, kebebasan, dan tanggung jawab yang berharga dari sejarah unik kita dan sistem pemerintahan parlementer kita," katanya.

“Seperti yang dilakukan Ratu sendiri dengan pengabdian yang teguh, saya juga sekarang dengan sungguh-sungguh berjanji pada diri saya sendiri, sepanjang waktu yang Tuhan berikan kepada saya, untuk menegakkan prinsip-prinsip konstitusional di jantung bangsa kita.”

“Hidup saya tentu saja akan berubah saat saya mengambil tanggung jawab baru saya. Tidak mungkin lagi bagi saya untuk memberikan begitu banyak waktu dan energi saya untuk amal dan masalah yang sangat saya pedulikan. Tetapi saya tahu pekerjaan penting ini akan terus berlanjut di tangan orang lain yang dapat dipercaya," lanjutnya.

Kepada William, yang kini mewarisi gelar Duke of Cornwall Charles, Raja bilang, "Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya,"

"Saya juga ingin mengungkapkan cinta saya kepada Harry dan Meghan karena mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri," katanya.