Pohon Tumbang di Depan Universitas Pancasila, Pengendara Motor Cari Jalan Alternatif
Pohon tumbang di depan Universitas Pancasila Lenteng Agung/ Foto; IST

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah pohon besar roboh di depan Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Akibatnya banyak pengendara yang memilih lewat jalur alternatif. Camat Jagakarsa, Santoso membenarkan adanya insiden tersebut. Kejadian itu terjadi pada Selasa, 6 September, pukul 6.45 WIB.

Santoso menerangkan, robohnya pohon besar itu mengakibatkan akses jalan dari arah Depok, Jawa Barat menuju DKI Jakarta sempat terputus. Sehingga banyak pengendara melewati jalur lain untuk mencapai tujuannya.

“Ini dari depok menuju ke Jakarta. Banyak warga yang mengambil jalur alternatif lewat Desa Putra,” kata Santoso saat dikonfirmasi, Selasa, 6 September.

“Jadi lewat depan Kelurahan Serengseng kemudian Jalan Delima, Jalan Delima menuju Desa Putra. Desa Putra lurus kemudian tembus lagi Stasiun Lenteng Agung dengan sendirinya warga mencari jalan,” sambungnya.

Kendati demikian, akses itu tertutup tak berjalan lama. Pasalnya petugas dari PPSU, Dinas Perhubungan hingga Satpol PP lansung melakukan tindakan dengan pemotongan.

“Kita melakukan penanganan dengan pemotongan dan pecacahan pohon jadi lalu lintas bisa langsung di lewati kembali,” katanya.

Santoso menduga bila pohon itu roboh karena kondisinya yang telah rapuh. Atas dasar itu, ia telah memintas Dinas Pertamanan dan Kehutanan untuk melakukan monitoring pohon-pohon di wilayahnya.

“Kami akan memprioritaskan, untuk dilakukan penopingan . Tapi kalau pohon itu secara kondisi memang, sudah nanti membahayakan tentunya akan dilakukan penabangan,” tutupnya.