Intip Agenda Jokowi di Papua Terbaru: dari Penyerahan Bansos, Luncurkan Papua Football Academy, hingga Kunjungi Freeport
Ilustrasi kunjungan Jokowi di Papua (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo bertolak ke Papua dengan didampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo pada hari Selasa, 30 Agustus 2022. Ada beberapa agenda Jokowi di Papua, dari mulai penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pelaku usaha mikro kecil (UMK) dan perseorangan hingga peresmian Papua Football Academy.

Dengan pesawat Kepresidenan Indonesia 1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, hari Selasa sekitar pukul 12.00 WIB. Pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura sekitar pukul 19.00 WIT.

Agenda Jokowi di Papua

Setibanya di Bandar Udara Internasional Sentani, Jayapura, Presiden Jokowi dan Iriana menempuh perjalanan menuju hotel dengan selama kurang lebih 20 menit perjalanan. Presiden beristirahat sebelum melakukan serangkaian kegiatan kunjungan kerja mulai hari Rabu, 31 Agustus. Adapun rangkaian agenda Jokowi adalah sebagai berikut.

Rabu 31 Agustus

Hari pertama kunjungan kerja di Papua, Jokowi mengawali kunjungan kerja dengan mengunjungi Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, 31 Agustus 2022 sekitar pukul 08.00 WIT. Di sini Presiden meluncurkan Papua Football Academy (PFA).

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Di PFA, Presiden berharap agar pemerintah setempat bisa lebih memperhatikan fasilitas olahraga, terutama sepak bola. Dalam peresmian tersebut tak hanya dihadiri pejabat namun juga diikuti oleh 3.000 anak yang berasal dari 36 sekolah tingkat SMA dan 14 SMP baik dari Kabupaten dan Kota Jayapura.

Setelah meresmikan PFA, Presiden Jokowi kemudian melakukan penyerahan BLT pengalihan subsidi BBM di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Hari ini kita telah memulai pembagian BLT Subsidi BBM yang diberikan kepada masyarakat selama 4 bulan, per bulannya diberikan Rp 150.000, jadi totalnya Rp 600.000, dan diberikan dua kali, Rp 300.000, Rp 300.000. Hari ini telah dimulai di Kantor Pos Kabupaten Jayapura, di Sentani, Jayapura,” kata Jokowi.

Setelah menyerahkan BLT BBM, Presiden kemudian sempat menemui para demonstran sebelah kantor pos. Mereka memprotes adanya penutupan SMP Negeri 1 Sentani. Presiden lalu menemui tiga orang perwakilan dari para demonstran dan melakukan dialog.

Hasilnya, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyelesaikan masalah tersebut dengan menyewa lahan sekolah hingga 2023 sembari menunggu Pemkab Jayaupura menyelesaikan pembangunan gedung sekolah.

Presiden melanjutkan kunjungan kerja di Papua dengan meninjau kawasan Rumah Sehat Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Rabu siang. Dalam kesempatan tersebut Presiden menyampaikan pentingnya rumah yang sedang dibangun agar bisa segera ditempati demi ekosistem yang baik.

Presiden kemudian melakukan pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku UMKM di di GOR Toware, Jayapura. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa dengan memiliki NIB, pelaku UMKM bisa mengakses permodalan secara legal di perbankan.

Setelah menyerahkan NIB, Presiden juga menyempatkan diri berkunjung ke PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika. Jokowi dan Iriana silaturahmi dengan karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Sport Hall, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, pada Rabu malam. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengatakan bahwa ia berencana melihat pengelolaan pertambangan dengan teknologi baru yakni 5G mining.

Kamis, 1 September

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan tiba di Grasberg pada Kamis, 1 September 2022, pukul 08.15 WIT. Dalam kunjungan yang didampingi oleh Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas, Presiden mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapat penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Presiden yang telah berada di Grasberg selama 2 jam kemudian melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah. Di tempat tersebut Presiden meninjau ruang kontrol pengendali alat berat berteknologi 5G, dikutip melalui keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Setelah itu Presiden akan menuju DMLZ underground. Dalam laman resmi Sekretariat Presiden dikatakan bahwa Presiden akan meninjau tempat ibadah yang ada di bawah tanah, yakni Masjid Jami Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.

Setelahnya, Presiden akan menuju Tera Shop untuk meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PTFI.

Sedangkan pada sore hari, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk lepas landas dengan menumpangi Pesawat Kepresidenan RJ-85 menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melalui Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

Untuk memantau Agenda Jokowi di Papua terbaru, pantau situs VOI.ID.