Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Sempat Kebanjiran Akibat Hujan Deras dan Air Laut Pasang
Salah satu area Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang sempat banjir Kamis pagi (25/8), akibat hujan lebat. (Ist/HO humas Bandara SAMS Sepinggan)

Bagikan:

BALIKPAPAN - Manajemen Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, berhasil menangani banjir di beberapa area bandara akibat hujan lebat yang mengguyur.

"Akibat hujan berintensitas tinggi dini hari tadi, air sempat masuk pelataran terminal kedatangan. Luapan air terjadi sekitar pukul 03.00 WITA, namun para petugas sigap mengatasi air yang masuk," ujar General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma dikutip ANTARA, Kamis, 25 Agustus.

Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Balikpapan pada Kamis dini hari, atau mulai pukul 02.00 WITA hingga pukul 04.30 WITA, mengakibatkan beberapa kawasan di Balikpapan terendam banjir, termasuk di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

"Hujan yang tak kunjung berhenti mengakibatkan luapan air di beberapa area Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Luapan air tidak hanya dipicu oleh hujan berdurasi cukup lama dan lebat, namun juga akibat saluran air yang menuju laut terhambat oleh pasang air laut," ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh petugas Bandara SAMS Sepinggan dalam mencegah banjir lebih dalam adalah dengan membuka pintu air utama yang terdapat di area Pick-Up Zone untuk mempercepat proses penyerapan air.

"Perlu kami sampaikan juga bahwa untuk sistem drainase Bandara SAMS Sepinggan tidak ada yang tersumbat, namun lambatnya air ke laut akibat air laut yang mengalami pasang," katanya.

Sedangkan dalam upaya menjaga operasional Bandara tetap berlangsung dengan baik, pihaknya melakukan mitigasi berupa penutupan sementara area yang terdampak dan membuka jalur darurat sehingga para penumpang yang datang tidak terganggu.

"Kondisi luapan air yang masuk hingga pelataran sudah tidak ada pada pukul 08.12 Wita, bahkan area itu sudah bersih dan selama pembersihan tidak mengganggu operasional bandara," kata Rika.

Sehari sebelumnya, BMKG Stasiun Balikpapan mengeluarkan peringatan dini, yakni di Kota Balikpapan diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat pada Kamis dini hari.