2 Penumpang Perahu Mungil yang Terbalik Akibat Sapuan Gelombang Kapal Lain Ditemukan Meninggal Dunia di Sungai Kusan
Ilustrasi petugas SAR gabungan ketika mencari korban perahu tenggalam di Sungai Kusan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel. (Antara)

Bagikan:

KALSEL - Dua orang korban tenggelam di Sungai Kusan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), ditemukan sudah meninggal dunia.

"Korban tenggelam adalah Zunaide (66) dan Syamsiah (77) warga Kecamatan Kusan Hilir," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Sulhadi di Batulicin, Kalsel, dikutip dari Antara, Selasa 23 Agustus.

Ia mengatakan, peristiwa nahas tersebut kejadian pada 19 Agustus 2022 sekitar pukul 14.00 Wita

Korban saat itu sedang dalam perjalanan pulang dari Pasar Pagatan menggunakan perahu ketinting atau perahu kayu berukuran mungil.

Ketika melewati dermaga di Sungai Kusan, perahu ketinting yang tumpangi keduanya terbalik oleh gelombang akibat kapal lain melintas.

Warga yang melihat peristiwa tersebut langsung berusaha menolong bersama anggota BPBD Tanah Bumbu untuk melakukan pencarian korban dengan menyusuri sungai.

Tim BPBD, masyarakat dibantu Badan SAR nasional, Dinas Perhubungan, TNI, Pol Airud, Relawan PKJR Tanah Bumbu, Pemadam Kebakaran, ralawan Lazismu bersama-sama membantu melakukan pencarian dengan menyusuri sungai.

Membantu kelancaran pencarian, BPBD membangun posko pencarian musibah korban tenggelam, dan membuka dapur umum untuk melayani petugas gabungan selama pencarian korban.

"Korban dapat ditemukan namun sudah dalam keadaan meninggal dunia, selanjutnya korban kami serahkan ke pihak keluarga untuk di makamkan," ujar Sulhadi.