Kabar Baik! Kondisi Pasien Terkonfirmasi Cacar Monyet Pertama di Jakarta Membaik
Photo by Fauzan on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan bahwa saat ini kondisi pasien yang terkonfirmasi kasus cacar monyet (monkey pox) pertama yang ditemukan di Jakarta dalam keadaan baik.

"Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,” kata Widyastuti dalam keterangannya, Senin, 22 Agustus.

Widyastuti menuturkan, pasien positif kasus cacar monyet ini awalnya mengalami keluhan kesehatan selama beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pascaperjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat. Gejalanya berupa demam dan ruam di beberapa bagian tubuh.

Pria berusia 27 tahun ini pulang ke Indonesia sejak 8 Agustus 2022. Setelah melakukan pemeriksaan PCR, dia dinyatakan positif cacar monyet pada 19 Agustus 2022.

Sejak temuan kasus pertama itu, Dinas Kesehatan DKI melakukan penelusuran kontak atau tracing dan menghasilkan 3 orang kontak erat.

"Sejauh ini, hasil tracing dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menemukan 3 orang kontak erat, yang sampai saat ini ketiganya dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan," ujar Widyastuti.

Sebelum ditemukannya kasus pertama ini, pemerintah telah melakukan penyelidikan epidemiologi pada 11 orang terduga yang ditemukan sejak 20 Mei 2022, yang semuanya setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif cacar monyet.

Sebagai informasi, gejala cacar monyet umumnya diawali dengan demam, sakit kepala dan pembengkakan kelenjar getah bening yang ditemukan di leher, ketiak atau lipat paha (selangkangan). Selain itu, gejala umum ini dapat disertai keluhan nyeri otot, sakit punggung, dan rasa lelah yang berkepanjangan.

Setelah 1-3 hari sejak demam, gejala akan disusul dengan munculnya ruam pada kulit di beberapa bagian tubuh, berbentuk bintik merah seperti cacar, melepuh kecil berisi cairan bening atau berisi nanah yang kemudian menjadi keropeng dan rontok. Jumlah lesi atau luka atau lenting gelembung berisi cairan di kulit dapat sedikit maupun beberapa buah yang tersebar.

Selain dapat menular melalui kontak langsung dari hewan yang sakit ke manusia, cacar monyet juga dapat ditularkan antarmanusia maupun melalui benda yang terkontaminasi oleh virus. Kendati demikian, penularan cacar monyet antarmanusia tidaklah mudah.

Penularan dari manusia ke manusia dapat melalui kontak erat dengan droplet, cairan tubuh atau kontak langsung kulit ke kulit yang terdapat ruam, termasuk melalui kontak seksual.

Penularan juga dapat terjadi melalui kontak tidak langsung pada benda yang terkontaminasi, seperti pakaian, tempat tidur, handuk atau peralatan makan/piring yang belum dicuci.