Marak Janda Usia Sekolah, Ganjar Ingatkan Nikah Minimal 21 Tahun untuk Perempuan dan 25 bagi Laki-laki
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (dok. Humas Pemprov Jateng)

Bagikan:

JATENG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak seluruh remaja di Indonesia untuk mencegah perkawinan dini sekaligus menjauhi seks bebas guna menciptakan penerus bangsa yang unggul dan sehat secara fisik maupun mental.

"Menikah harus minimal usia 21 untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki. Kenapa demikian? Karena kalau di bawah usia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, secara fisik, mental dan finansial-nya belum siap," kata Ganjar di Yogyakarta, dikutip dari Antara, Minggu 22 Agustus.

Ganjar menekankan saat ini kondisi remaja di Indonesia memprihatinkan karena banyak ditemukan-nya 'JUS' atau Janda Usia Sekolah.

Banyak anak ditemukan sudah menikah saat usianya yang masih sangat muda, namun belum siap secara fisik maupun mental menjadi orang tua.

Penyebab dari banyaknya 'JUS' adalah karena adanya faktor ekonomi serta sosial dan budaya di Indonesia yang beranggapan bahwa usia setelah lulus sekolah merupakan saat yang tepat untuk menikahkan anak-anaknya.

Padahal, pernikahan harus direncanakan dan melalui lima transisi kehidupan yang sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi remaja. Hal itu bertujuan supaya dapat menekan angka kematian pada ibu dan bayi yang saat ini masih sangat tinggi.

"Banyak orang tua yang menikahkan anak-anaknya, terutama anak perempuan yang ditakutkan akan menjadi perawan tua. Padahal, seharusnya pernikahan itu direncanakan," ujarnya.

Selain menghindari perkawinan dini dan seks bebas, Ganjar meminta agar remaja Indonesia juga menghindari mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba, mengonsumsi minuman beralkohol dan melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri.

Dengan demikian, para remaja harus menghabiskan usia mudanya untuk hal-hal yang positif dan terus mengasah bakat dalam dirinya masing-masing.

Salah satu cara yang dirinya sebutkan yakni para remaja harus memiliki kesibukan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ikut forum GenRe (Generasi Berencana).

Lewat forum yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu, para remaja bisa mengembangkan potensi diri, habiskan waktu muda dengan berkontribusi kepada bangsa Indonesia.

"Rangkul teman-teman yang lain untuk mewujudkan remaja Indonesia yang sehat, cerdas dan ceria," tandasnya.