Warga Australia Hanyut hingga ke Selat Lombok, Tim SAR Lakukan Penyelamatan
Warga Australia yang diselamatkan Tim SAR/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan berhasil menyelamatkan David Williamson (63), warga negara Australia yang hanyut hingga ke perairan Selat Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu dini hari, pukul 02.00 WITA.

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH di Mataram, mengatakan The Jonit Rescue Coordination Centre (JRCC) memberikan laporan melalui Badan SAR Nasional (Basarnas), pada Jumat, 19 Agustus pukul 12.00 WITA, bahwa survivor atas nama David Williamson (63) hanyut dari sekitar 600 kilometer sebelah tenggara Pulau Christmas Samudera Hindia.

David hanyut terbawa arus saat beraktivitas di perairan Australia menggunakan kayak (perahu kecil bertenaga manusia).

"Korban diselamatkan oleh kapal MV Haizhu Flourish yang sedang menuju ke China," kata Nanang saat on board di kapal Rescue Boat (RB) 220 Mataram.

Kapal kargo berbendera Singapura itu, kata dia, mengubah rutenya menuju titik koordinat yang telah ditentukan sebelumnya oleh Kantor SAR Mataram, yaitu di perairan Selat Lombok.

Pada Sabtu, 20 Agustus, pukul 21.30 WITA, tim SAR gabungan yang terdiri atas 28 personel dari rescue Kantor SAR Mataram, ABK RB 220 Mataram, Polisi Air dan Udara Kepolisian Daerah NTB, dan KPP Lembar menuju titik pertemuan menggunakan kapal RB 220 Mataram.

Namun, tingginya gelombang laut di lokasi yang telah ditentukan sebelumnya menghambat proses evakuasi pemindahan survivor dari kapal MV Haizhu Flourish ke RB 220 Mataram.

"Kami mencoba menggeser lokasi intercept, dan pada pukul 02.00 WITA atau Minggu dini hari, survivor berhasil dievakuasi," kata Nanang saat memimpin jalannya operasi SAR.

Selanjutnya, David Williamson dibawa menuju Pelabuhan Gili Mas, Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, dan tiba dengan selamat pada pukul 03.19 WITA, kemudian diserahkan ke pihak berwenang.