Giliran Tim Pancasila Sakti yang Bertugas Turunkan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka
Tim Pancasila Sakti menggantikan Tim Pancasila untuk menurunkan bendera merah putih di Istana Merdeka sore ini./tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Tim Pancasila Sakti menggantikan Tim Pancasila untuk menurunkan bendera merah putih di Istana Merdeka sore ini.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, upacara penurunan bendera merah putih dimulai pada pukul 16.50 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan jas berwarna abu-abu dan kemeja putih serta dasi.

Jokowi juga tampak menggunakan peci berwarna hitam. Dia didampingi oleh ibu negara, Iriana yang tampak menggunakan kebaya berwarna putih dan berhijab.

Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang tampak menggunakan jas berwarna biru dengan kemeja putih dan dasi berwarna merah marun.

Ada pun dalam upacara penurunan bendera ini, bertindak sebagai komandan adalah Kolonel Pnb Agni Prayogo. Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja.

Sedangkan bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka yakni AKP Yaumil Hendityo yang saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri.

Sementara itu, Ayumi Putri Sasaki yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nanti diturunkan.

Tiga orang lainnya dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara, Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Adapun Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 yang lahir di Bangkalan, 10 November 1971. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.