Tim Sabang Paskibraka Sukses Kibarkan Sang Merah Putih di Istana
Tangkapan layar siaran langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses mengibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, hanya 3 anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan langkah mantap, Paskibraka yang diberi sebutan tim Sabang ini bertugas di halaman Istana Merdeka, Senin, 17 Agustus. Bendera Merah Putih.

Sedangkan dua orang lainnya dari tim Sabang yakni Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera. Jumlah anggota Paskibraka pada tahun ini juga dibatasi menjadi delapan orang dari yang tahun sebelumnya berjumlah 68 orang.

Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka digelar terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan terkait pandemi COVID-19. Upacara di Istana diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istri, Wapres Ma’ruf Amin.

Upacara peringatan kemerdekaan di Istana juga diikuti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Upacara peringatan kemerdekaan ini juga diikuti secara virtual.