Rangkaian Klarifikasi Anies hingga RT soal Nikah Putri Rizieq Dibagi 3 Elemen
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (DOK. VOI/Rizky Adytia P)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya membagi tiga elemen dalam rangkaian pemeriksaan perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan putri Rizieq Shihab. Ketiga elemen itu antara lain unsur pemerintah, panitIa penyelenggara, dan tamu undangan.

"Kita ada 3 elemen di sini. Pertama dari pemerintah daerahnya, lalu panitia penyelengaranya, dan nanti ada saksi-saksi tamu yang hadir yang kita lakukan klarifikasi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 17 November.

Pada pemeriksaan pertama, pihak dari unsur pemerintahaan yang diperiksa. ADa 10 saksi yang rencananya akan diklarifikasi tapi satu orang di antaranya terkendala hasil uji tes swab antigen yang reaktif.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, untuk saksi dari pihak penyelenggara dan tamu undangan bakal diperiksa besok. Tim penyelidik sudah menyiapkan beberapa hari khusus untuk pemeriksaan saksi.

"Kita memang dua hari ini mengalokasikan. Untuk hari ini (pemeriksaan) penyelenggara pemerintahan," kata dia.

"Besok kita akan klarifikasi elemen lain yaitu penyelenggara dan kemudian upaya apa juga untuk itu," sambung Tubagus.

Dalam rangkaian penyelidikan dugaan pelanggaran protokol kesehatan pernihkan putri dari Rizieq Shihab setidaknya 10 orang dari unsur kepemerintahan diundang untuk klarifikasi. 

"Sekarang ini sementara dilakukan pemeriksaan klarifikasi. gubernur, wali kota Jakarta Pusat, kabiro hukum (Pemprov DKI), Kepala KUA Tanah Abang, Camat Tanah Abang, RT, RW, Kasatpol PP, dan Babinkamtbimas," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 17 November.

Satu orang yang tidak bisa menjalani pemeriksaan yakni Lurah Petamburan Setiyanto. Dia dinyatakan reaktif ketika menjalani uji swab antigen.

"Satu orang (yakni) Lurah Petamburan positif atau reaktif sekarang kita rujuk ke RS Kramat Jati untuk dilakukan uji mekanisme lanjutannya," kata dia.

Pemeriksaan berupa klarifikasi ini merupakan tindaklanjut dari perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi ketika acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab, putri dari Rizieq Shihab. Dalam waktu dekat tim penyelidik bakal memanggil semua pihak yang terlibat dalam penyelenggara acara.