Indonesia Quality Expo 2020, Ajang Kampanye Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan
Salah satu contoh kendaraan listrik yang ramah lingkungan (Dok. Indonesia Quality Expo 2020)

Bagikan:

JAKARTA - Polusi dari kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang utama kerusakan lingkungan, pemanasan global dan yang pasti berdampak buruk terhadap kesehatan. Namun, kini muncul kendaraan listrik sebagai solusi. 

Seberapa aman penggunaan kendaraan listrik ini? Dengan menerapkan standar mutu, faktor keselamatan dan keamanan dalam penggunaan, kendaraan listrik menjadi sangat terjamin. 

"Dari sisi komponen tentunya masyarakat harus melihat serta memilih komponen yang memiliki standar mutu yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan," kata Willty Awan selaku narasumber acara talkshow bertema Kendaraan Listrik yang Aman dan Ramah Lingkungan di acara Indonesia Quality Expo 2020 yang digelar Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Jogja City Mall, Yogyakarta, 12-15 November kemarin.

Lebih khusus Willy mengungkap, standar mutu yang baik itu meliputi baterai serta komponen umum lainnya seperti ban dan kelengkapan asesoris lainnya. Misalnya, di sepeda atau sepeda motor listrik meliputi spion, lampu sign, lampu depan dan belakang.

Sepeda atau sepeda motor listrik tentunya - dengan cara penggunaan yang tidak berbeda jauh dengan sepeda motor listrik berbahan bakar bensin - memiliki benefit dari sisi biaya operasional. Dengan menggunakan kendaraan jenis ini, kita tidak perlu lagi membeli bensin dan melakukan biaya perawatan seperti mengganti oli bulanan, tune up mesin, penggantian komponen-komponen seperti busi, kampas kopling dan sebagainya. 

“Dan yang tidak kelah pentingnya, bonus utama berupa lingkungan yang lebih bersih, ramah lingkungan, tidak berisik dan warisan bagi anak cucu kita terhadap dunia yang lebih baik dan hijau,” ujar Willty.

Lewat acara Indonesia Quality Expo tersebut, diharapkan masyarakat menjadi lebih memperhatikan isu-isu terkait lingkungan serta menjadikan standar mutu, khususnya memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai pedoman dalam memilih produk demi keselamatan dan keamanan.