Kebakaran Hutan Hebat di Perbatasan Jerman-Ceko, Pihak Berwenang Minta Wisatawan Menjauh dari Lokasi
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran hutan besar di perbatasan Jerman dan Republik Ceko menyebar dan dapat menghancurkan hutan taman nasional yang populer di kalangan turis.

Kebakaran di daerah yang disebut Bohemian Switzerland di kawasan Ceko dan Taman Nasional Saxon Switzerland di sisi Jerman dimulai sejak akhir pekan lalu, demikian dikutip dari Kantor Berita BNA via Antara, Jumat, 29 Juli.

Sebelumnya kebakaran dinilai sudah terkendali, tetapi menyebar kembali pada Kamis dini hari. Ratusan pemadam kebakaran di Jerman dan Ceko berusaha memadamkan api dengan bantuan dari negara tetangga Polandia dan Slowakia.

Sebanyak delapan helikopter pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di daerah perbukitan dan berbatu yang sulit untuk diakses dan sekitar 250 hektare hutan terbakar pada Kamis, demikian laporan dari Associated Press (AP). Pihak berwenang setempat mengingatkan para wisatawan untuk menjauhi kawasan.

Pejabat negara bagian Saxony melarang pendaki gunung untuk masuk ke beberapa hutan di daerah tersebut.

"Semuanya sangat tegang, kami sama sekali tidak dapat mengatakan kebakaran mereda, tetapi petugas pemadam kebakaran telah berusaha semampu mereka," kata Menteri Dalam Negeri Jerman, Armin Schuster.

Kebakaran hutan besar lainnya di distrik Elbe-Elster di timur negara bagian Brandenburg, Jerman sudah terkendali pada Kamis, 28 Juli kemarin setelah sebelumnya kembali terbakar pada Rabu sehari sebelumnya. Api membakar area seluas 500 hektar.

Sebanyak satu helikopter polisi memeriksa daerah tersebut dengan kamera penjejak panas untuk mencari tempat bara api yang dapat menyebabkan kebakaran. 

Beberapa area terkontaminasi oleh amunisi sisa Perang Dunia ke-2 dan terlalu berbahaya bagi pemadam kebakaran untuk masuk karena panas atau kontak manusia bisa menyebabkan ledakan.