Disdik Kota Kediri Salurkan Kain Seragam Sekolah Gratis
Pemberian seragam gratis untuk pelajar SD dan SMP di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (29/7/2022). ANTARA/ HO-Kominfo Kota Kediri

Bagikan:

KEDIRI - Dinas Pendidikan Kota Kediri, Jawa Timur, menyalurkan kain seragam gratis untuk para pelajar di sekolah dasar (SD) serta sekolah menengah pertama (SMP) guna menyambut tahun ajaran baru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto, mengemukakan, pemberian kain seragam gratis ini merupakan program Pemerintah Kota Kediri yang telah mulai dijalankan sejak tahun 2013. Dengan bantuan kain seragam gratis ini membantu orang tua murid.

"Dengan kain seragam gratis ini, kami ingin memberikan bantuan pada para orang tua murid," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 29 Juli.

Siswanto juga menjelaskan, kain seragam sekolah itu memang diberikan secara gratis berupa seragam nasional, yaitu kain seragam putih merah hati untuk siswa SD dan kain seragam putih biru untuk siswa SMP.

Pemberian seragam bisa mengurangi pengeluaran orang tua. Biasanya, saat anak naik ke jenjang sekolah yang lebih tinggi akan memerlukan biaya yang cukup banyak.

Pihaknya juga berharap para siswa dapat belajar lebih baik, prestasinya meningkat, sehingga cita-cita para siswa dapat tercapai.

Di Kota Kediri terdapat sebanyak 4.880 siswa SD dan 5.690 siswa SMP yang menerima kain seragam sekolah gratis tersebut. Terdapat 138 SD dan 33 SMP baik negeri dan swasta yang akan menerima bantuan seragam gratis.

Untuk seragam SD berwarna merah hati ukurannya adalah 1 meter dan warna putih ukurannya 1,5 meter, sedangkan kain seragam SMP berwarna biru ukurannya 1,5 meter dan warna putih ukurannya 2 meter.

Proses pengadaan juga telah dilakukan sebelumnya lewat tender yang dilakukan secara terbuka. Saat ini tender telah selesai dan dilakukan pemberian seragam untuk para pelajar.

Penyerahan kain seragam tersebut dilakukan secara simbolis di SD Imam Muslim dan SMP Negeri 2 Kota Kediri. Selanjutnya, kain seragam akan didistribusikan ke seluruh sekolah SD dan SMP di Kota Kediri, sesuai dengan jumlah siswa penerima.

Sementara itu, dalam pembagian kain seragam gratis tersebut, Pemkot Kediri juga didampingi Kejaksaan Negeri Kota Kediri untuk memastikan pembagian kain seragam sekolah berjalan dengan tepat dan lancar.