Sri Mulyani: Siapapun Bisa Jadi Pahlawan, Termasuk Mereka yang Gugur karena COVID-19
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka memeringati Hari Pahlawan ke-75, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat Indonesia untuk terus berjuang. Ada tiga nilai pahlawan yang harus diteladani oleh masyarakat Indonesia.

Pertama, kata Sri Mulyani, pahlawan hadir karena ada tantangan atau cobaan. Setiap episode dalam sejarah Indonesia selalu hadir tantangan, dan disitulah akan hadir pahlawan-pahlawan yang dilahirkan.

Kedua, lanjutnya, dalam seluruh episode pahlawan selalu ada kata 'perjuangan'. Berjuang adalah satu-satunya cara menghadapi tantangan, cobaan dan persoalan yang menghadang bangsa dan negara.

Sri Mulyani menilai, seluruh proses untuk mencapai cita-cita memerlukan perjuangan yang sering meminta pengorbanan. Di situlah, katanya, kemudian lahir sikap kepahlawanan.

"Elemen ketiga adalah semua orang bisa menjadi pahlawan. Pada peristiwa 10 November, Bung Tomo sebagai salah satu pahlawan berjuang dengan membakar semangat dan berani tanpa ada rasa kekhawatiran terhadap keselamatan diri sendiri. Karena beliau fokus terhadap perjuangan itu," katanya, dalam acara Hari Pahlawan, Selasa, 10 November.

Namun, kata Sri Mulyani, Bung Tomo tak sendiri. Ada banyak pahlawan lainnya yang turut serta di dalam mewujudkan semangat untuk melawan penjajah. Hingga pada akhirnya mampu mempertahankan kemerdekaan Tanah Air.

"Jadi, pahlawan tidak berjuang sendiri," tuturnya.

Bendahara negara ini mengatakan, mereka yang gugur karena wabah COVID-19 merupakan pahlawan. Karena itu, ia mengajak, seluruh jajaran kementeriannya untuk mendoakan mereka yang telah berpulang.

"Mereka semua adalah pahlawan bagi bangsa Indonesia, sebagai bagian perjalanan dan pergelutan kita untuk memenangkan pertempuran melawan pandemi COVID-19," ucapnya.

Bagi mereka yang sekarang sedang diuji menghadapi COVID-19, Sri Mulyani, berdoa agar dapat dipulihkan dan bisa beraktivitas kembali melanjutkan perjuangan dalam menangani pandemi. Menurutnya, pandemi ini telah mengancam seluruh masyarakat dan perekonomian serta bangsa.

"Mari kita berdoa meminta kemurahan kepada yang maha kuasa agar kondisi bangsa kita semakin membaik," katanya.

Sri Mulyani juga berharap, seluruh masyarakat dapat memetik hikmah dan belajar dari seluruh pahlawan-pahlawan di Indonesia dalam terus meningkatkan semangat menghadapi dan menyelesaikan seluruh tantangan akibat pandemi COVID-19.