Perempuan Lansia yang Terjebak Lift Selama 2 Jam di Gedung Graha Atika Masih Aktif Sebagai Tim Penilai
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi seorang lansia yang terjebak di dalam lift di gedung kawasan Mampang Jaksel/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Seorang wanita lanjut usia (lansia) bernama Ariyanti (76) terjebak lift selama dua jam di Gedung Graha Atika, Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Yudi Permana selaku karyawan gedung mengatakan kejadian itu terjadi pada Jumat, 22 Juli, sekiranya pukul 11.00 WIB.

Informasi menyebut, Ariyanti yang bekerja sebagai tim penilai di Gedung tersebut masuk ke dalam lift lantai dua menuju ke lantai satu. Namun, saat dia memasuki, alat pengerek yang menggunakan listrik ternyata tidak berfungsi, sehingga Ariyanti terjebak di dalam lift.

"Karyawan tim penilai itu naik lift. Pas naik lift, pas mau dibuka itu engga bisa dibuka. Lift mati, " kata Yudi kepada wartawan di lokasi, Jumat, 22 Juli.

Karyawan lain yang berada di lokasi mengetahui ada seseorang yang ada di dalam lift saat mesin tidak berfungsi. Sontak mereka langsung menolong dengan membuka pintu lift tersebut.

"Salah satu karyawan yang berusaha untuk menyalamatkan dengan cara membuka paksa. Setelah dibuka paksa, sedikit terbuka. Biar ada udara masuk," katanya.

"Ada salah satu petugas yang menghubungi damkar. Setelah dihubungi, setelah ba’da Jumat , pukul 12.30 WIB. Pemadam Kebakaran (Damkar) datang kesini, " sambungnya.

Petugas Damkar Jakarta Selatan yang berjumlah lima orang langsung berusaha membuka pintu lift tersebut. Namun sebelumnya petugas meminta izin kepada pemilik gedung untuk membuka paksa pintu alat penggerak tenaga listrik itu.

"Sehingga dapat izin, ada yang tanggung jawab, liftnya rusak, setelah diperbolehkan, pihak damkar membuka paksa memakai mesin lift itu kan. 2 jam lamanya ibu itu akhirnya bisa keluar dari lift, " ucapnya.

Sementara itu Perwira Piket Suku Dinas Gulkarmat Jaksel, Agus Sukoco mengatakan ada lima petugas yang terjun dalam insiden lift tersebut. Pihaknya menerima laporan pada pukul 12.30 WIB. Kemudian selesai dievakuasi 13.05 WIB.

"Terbuka secara paksa menggunakan combi tool dikarenakan pembukaan kunci secara manual tidak dapat terbuka secara maksimal hanya terbuka selebar 20 sentimeter dan korban dapat terselamatkan, " tutupnya.