Gempa M 4,9 di Nias Selatan Subuh Tadi Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia
Foto via Telegram BMKG

Bagikan:

JAKARTA - Nias Selatan, Sumatera Utara diguncang gempa berkekuatan M 4,9 subuh tadi sekitar pukul 04.41 WIB, Jumat 22 Juli. Dan ini adalah analisa BMKG.

Gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,19° LU ; 98,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 Km arah Tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 20 km, seperti dikutip dari akun telegram BMKG.

Gempa yang terjadi berjenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik oblique (oblique thrust fault).

Gempa dirasakan di daerah Nias Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). BMKG memastikan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Hingga pukul 05.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 4 aktivitas gempa bumi susulan. Dengan kekuatan terbesar M 3,6.