Pemkot Bandung Latih Siswa Datang ke Sekolah dengan Jalan Kaki
Pemkot Bandung meresmikan Rute Aman Selamat Sekolah di SMPN 55 Bandung, Kota Bandung (Foto via Pemkot Bandung)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Bandung membuat Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) untuk membiasakan para siswa berjalan kaki ke sekolah.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan berjalan kaki ke sekolah merupakan kebiasaan baik yang perlu diterapkan sejak usia dini. Pencanangan RASS dimulai dari SMPN 55 Bandung, Cigondewah Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Saya harap ini berkelanjutan, dan semoga RASS di berbagai sekolah juga berjalan dan terealisasi,” kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Rabu 20 Juli dikutip dari Antara.

Instalasi RASS itu merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, beserta pihak lainnya termasuk masyarakat di sekitar sekolah.

Guna mendukung sarana baru tersebut, Yana juga berpesan kepada pengguna kendaraan di jalan untuk menghargai RASS. Sebab, menurutnya sarana tersebut merupakan upaya dalam mewujudkan keselamatan perjalanan ke sekolah.

Sementara itu, Kepala DSDABM Kota Bandung Didi Ruswandi menyebut RASS merupakan kelanjutan dari gerakan bike to school atau gerakan bersepeda ke sekolah.

Dia menilai gerakan berjalan kaki ke sekolah dapat membentuk karakter anak atau para siswa untuk bisa memiliki sikap bertanggung jawab.

Sehingga dia berharap pengadaan RASS itu bukan hanya sekedar penambahan salah satu infrastruktur di Kota Bandung, melainkan juga merupakan pembangunan karakter bagi anak sejak dini.

“Kalau diantar kan sebut saja, cukup jadi penumpang, anak sudah sampai ke sekolah. Tapi kalau dibiasakan berjalan kaki, anak bertanggung jawab untuk bisa datang tepat waktu,” kata Didi.