'Jangan Ada yang Main-main dengan Pembinaan,' Pesan Tegas Pangdam Kasuari ke Prajurit TNI di Kaimana Papua Barat
Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal Gabriel Lema, dan rombongan disambut tarian Seka saat mengunjungi Markas Kodim 1804/Kaimana/Via ANTARA

Bagikan:

KAIMANA - Panglima Kodam (pangdam) XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal Gabriel Lema, menyebut aspek pembinaan para prajurit TNI baik pembinaan satuan maupun pembinaan teritorial sangat penting agar tampil menjadi prajurit yang profesional dan menghindari hal-hal yang negatif.

"Saya tekankan jangan ada yang main-main dengan yang namanya pembinaan. Dengan pembinaan yang baik tidak akan ada yang meleset ke hal-hal yang jelek, tidak akan meleset ke hal-hal yang menyengsarakan, menyiksa bahkan sampai meniadakan atau membinasakan. Jadi pembinaan itu hal yang paling hakiki," ujar Gabriel di Kaimana, Papua Barat, Antara, Rabu, 20 Juli.

Hal itu disampaikan Pangdam Kasuari saat memberikan pengarahan kepada para prajurit TNI yang bertugas di Kodim 1804/Kaimana dan Batalion Infantri 764/Lamba Baua di Kaimana.

Pangdam Kasuari meminta dua satuan milik TNI di Kaimana itu agar berkolaborasi dalam melakukan pembinaan kepada para prajurit.

"Jangan lakukan sendiri-sendiri. Komandan batalion seringlah minta petunjuk ke komandan Kodim. Komandan Kodim juga seringlah mengikutsertakan batalion untuk terjun dalam membantu keamanan dan kegiatan lainnya yang bermanfaat. Pembinaan itu saling mengisi, membimbing, membina, mendukung, menyayangi, memberitahu, melengkapi. Kita sedang menuju ke sana," ujarnya.

Meski demikian, dia mengingatkan agar pembinaan yang diberikan jangan melewati batas kewajaran, tanpa menyakiti satu sama lain. Prajurit senior maupun junior harus saling menghormati dan mengasihi.

"Pembinaan harus saling asah, asih, asuh. Pembinaan harus lahir dari satu ketulusan hati. Mau jengkel apapun kepada juniormu lihatlah dia sebagai adik kandungmu. Demikian pula mau sejengkel apapun dengan seniormu lihatlah dia sebagai kakak kandungmu," kata dia.

Lema melaksanakan kunjungan kerja selama empat hari di Kodim 1804/Kaimana.

Begitu tiba di Kaimana, dia yang didampingi sejumlah pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari langsung mengunjungi Markas Komando Kodim 1804/Kaimana dan Markas Komando Batalion Infantri 764/Lamba Baua yang berada di kawasan Jalur Tanggaromi, Kaimana.

Di Markas Komando Kodim 1804/Kaimana, selain mendengarkan pemaparan Komandan Kodim 1804/Kaimana, Letnan Kolonel Infantri Chairi Suhanda, dia juga meninjau kegiatan mengajar buta aksara di ruang Srikandi Kodim 1804/Kaimana sembari memberikan bingkisan perlengkapan sekolah kepada puluhan anak.

Selain mengunjungi dua satuan milik TNI, dia dan rombongan juga mengunjungi Markas Polres Kaimana.

Adapun agenda lain dia selama berada di Kaimana yaitu meninjau pos perbatasan di Distrik Yamor, mengunjungi Markas Komando Koramil Kaimana, meninjau pembangunan perumahan Kodim 1804/Kaimana, kunjungan wisata ke Kolam Sisir, Aeva Resort, dan Teluk Triton.