Rencana Pembukaan Penerbangan Internasional ke Bali Mulai Dikaji
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DOK. ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR - Beredar informasi rencana pembukaan kembali penerbangan internasional dari dan ke Bali. Sekda Bali Dewa Made Indra menyebut rencana pembukaan penerbangan internasional masih dalam kajian. 

“Itu baru kajian, kami nanti melaporkan ke pak gubernur, kepada pemerintah pusat. Itu baru tingkat kajian di antara pejabat, belum menjadi keputusan,” kata Dewa Made Indra kepada wartawan, Senin, 9 November. 

Pembukaan penerbangan internasional ke Bali disebut Made Indra memang penting untuk menggerakan perekonomian.  Tapi semua harus dievaluasi tingkat kesiapannya. 

“Jangan sampai ketika dibuka lalu terjadi eskalasi kasus yang meningkat, maka kita dapatkan bukan manfaat tapi kerugian karena itu persiapan kita matangkan terus,” sambung dia. 

Kajian ini ditegaskan Made Indra juga dilakukan pemerintah pusat yang melibatkan Kemenkes, BNPB dan Kementerian Luar Negeri. Kajian dari beberapa pihak nantinya akan disimpulkan menjadi keputusan.

“Semuanya ini melakukan kajian ini nanti baru dibawa ke level pimpinan. Kalau di daerah kan pak gubernur, di pusat mungkin pak presiden,” kata Dewa.

Pemerintah Provinsi Bali sebelumnya lebih dulu membuka penerbangan domestik ke Bali setelah sempat disetop karena pandemi COVID-19. Kedatangan wisatawan domestik saat itu dimulai pada 31 Juli.

Pemprov Bali sambung Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace)  akan memastikan wisatawan domestik nyaman dan aman selama berada di Bali. Namun tak lupa Cok Ace mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.