BPBD Perkirakan Cuaca Ekstrem Melanda Karawang Selama Sepekan, Warga Diminta Waspadai Banjir dan Puting Beliung
Ilustrasi menjelang hujan lebat. (Antara)

Bagikan:

KARAWANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengimbau masyarakat waspada banjir dan puting beliung menyusul tingginya curah hujan di sejumlah daerah setempat.

"Sesuai dengan prakiraan BMKG, potensi hujan deras terjadi di wilayah Karawang hingga beberapa hari terakhir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa 19 Juli.

Dia mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca ekstrem mingguan BMKG di sejumlah wilayah di Jawa Barat, selama beberapa hari ke depan Karawang masuk daftar wilayah cuaca ekstrem.

Dia mengatakan, potensi hujan lebat hingga ekstrem disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Karawang pada hari ini hingga beberapa hari ke depan.

Atas hal tersebut, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat siaga terhadap kemungkinan banjir dan puting beliung di wilayah Karawang.

“Kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari, termasuk mewaspadai atas kemungkinan terjadinya banjir," kata dia.

Sebelumnya, Sabtu 16 Juli, terjadi banjir di sejumlah daerah di Kecamatan Telukjambe Barat dan sekitarnya akibat tingginya curah hujan. Pada hari itu, 122 rumah dengan 140 kepala keluarga terdampak banjir.

"Kami bersama Dinsos melalui Tagana Karawang telah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Tidak ada korban jiwa dan laporan terakhir situasi kondisi di lokasi air sudah mulai surut sehari berikutnya,” tandasnya.