Waspada Kebakaran Hutan di Aceh, BMKG Sudah Deteksi Ada 14 Titik Panas
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - BMKG mendeteksi 14 titik panas di wilayah Aceh yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tengah musim kemarau.

"Hari ini kami mendeteksi 14 titik panas di wilayah Aceh. Kita mengimbau masyarakat untuk waspada potensi kebakaran lahan,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Zakaria Ahmad, Senin 18 Juli dikutip dari Antara.

Zakaria menjelaskan saat ini Aceh memang masih dalam kondisi musim kemarau basah. Meski masih terdapat curah hujan, namun kondisi cuaca lebih dominan pada suhu panas serta kemunculan titik panas.

Sebanyak 14 titik panas itu terdeteksi di Kabupaten Aceh Selatan tujuh titik dengan tingkat kepercayaan sedang, dari hasil pantauan sensor Satelit Terra, Aqua, dan Suomi NPP.

Kemudian, empat titik di Aceh Singkil, dua titik di Kota Subulussalam dan satu titik di Gayo Lues.

Sebelumnya, pada Minggu (17/7) kemarin, BMKG juga mendeteksi delapan titik panas di wilayah Aceh dengan tingkat kepercayaan sedang. Meliputi empat titik di Kabupaten Aceh Singkil, empat titik di Aceh Selatan.

Oleh sebab itu, Zakaria meminta agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Karena dengan kemunculan titik panas, maka hutan dan lahan akan mudah terbakar ketika ada sumber api.

"Masyarakat kita masih belum begitu sadar terhadap bahaya kebakaran hutan, karena masyarakat kita membuka lahan sering membakar sebagai jalan keluar yang lebih praktis,” kata Zakaria.

Hal ini juga bisa diperparah dengan kondisi Aceh sedang musim angin barat, yaitu kecepatan angin yang sudah pada kategori tinggi, antara 20-60 kilometer per jam.

“Angin barat ini bertahan sampai akhir Agustus atau awal September,” kata Zakaria.

Disamping itu, BMKG juga mengingatkan warga potensi gelombang laut tinggi dalam beberapa hari ke depan di wilayah Aceh.

Kata dia, untuk perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, Selat Malaka bagian Utara dan Samudera Hindia Barat Aceh, potensi gelombang laut mencapai 3 meter atau lebih.

Selanjutnya, perairan Sabang-Banda Aceh, perairan Lhokseumawe dan perairan Meulaboh-Kepulauan Sinabang dengan potensi ketinggian gelombang laut antara 0.50 - 2.25 meter.