Puan Bilang Hasil Pertemuan Y20 Bakal Diterima Presiden
Ketua DPR Puan Maharani (Foto Dok DPR)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) Indonesia bakal diterima Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Y20 merupakan forum dialog dan diskusi bagi para pemuda negara-negara G20.

Puan mengharapkan hasil pertemuan tersebut bakal membawa ide guna menangani persoalan dalam segala lini.

"Jadi dari hasil nanti yang mereka akan diskusikan itu biasanya, saya baru dilaporkan, itu yang akan menerima adalah pimpinan negara. Yang mana nantinya itu hasil dari pertemuan mereka itu diharapkan bisa ikut membawa ide, usul atau masukan sebelum diadakannya G20," ujar Puan dalam acara Networking Night dalam rangkaian Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 Summit, Minggu 17 Juli.

Puan menekankan vitalnya peran anak muda untuk memajukan bangsanya. Untuk itu dia mendukung penuh kegiatan tersebut.

"Nah jadi, saya datang ke sini untuk mendukung bahwa kalau anak-anak muda yang ada di negara G20 tentu saja mempunyai peran yang sangat penting untuk bisa memajukan bangsanya," ungkapnya.

Co-chair Y20 Michael Sianipar menyampaikan terima kasih kepada Puan yang bersedia terlibat dalam rangakian Y20 Indonesia. Dia mengaku sepakat dengan Puan bahwa Indonesia merupakan negara yang kuat.

"Jadi suatu kehormatan besar bagi kami dan pemuda-pemuda dunia bahwa di Indonesia kita menunjukan kekuatan dari demokrasi kita, dan itu disampaikan langsung oleh Bu Puan sebagai Ketua DPR menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang sudah kuat. Ekonomi kita juga sudah sangat kuat secara fundamental," ujar Michael.

Sementara itu, Co-chair Y20 Rahayu Saraswati menerangkan bahwa terdapat empat isu prioritas yang diajukan Indonesia untuk dibahas dalam forum tersebut. Termasuk mengenai isu ketenagakerjaan di kalangan kaum muda.

"Pertama adalah ketenagakerjaan pemuda. Kedua adalah transformasi digital. Ketiga adalah planet yang berkelanjutan dan layak huni. Dan terakhir ini adalah inisiatif dari Indonesia, keberagaman dan inklusivitas," ujar Saraswati.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong hasil dari pertemuan para pemuda internasional Y20 diharapkan dapat diakomodasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku pemimpin Forum G20. Dia meminta supaya hasil pertemuan itu dapat diserahkan ke Jokowi.

Hadir dalam acara networking night ini 59 orang yang terdiri dari 17 negara delegasi Y20. Kemudian juga ada perwakilan dari organisasi dunia yakni WTO, ADB, dan ASEAN. Selain itu ada pula beberapa anggota DPR. Lima Co-chair Y20 Indonesia yakni Michael Victor Sianipar, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Budy Sugandi, Indra Dwi Prasetyo, dan Nurul Hidayatul Ummah.