Eks Petinggi Alfamart Jadi Dirut Pasar Jaya, Anak Buah Anies Tegaskan Tak Ada Konflik Kepentingan
Anies Baswedan/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengangkat Mantan Operational General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), Tri Prasetyo menjadi Direktur Utama Perumda Pasar Jaya.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menegaskan bahwa pengangkatan ini tidak memiliki konflik kepentingan, sekalipun Tri merupakan eks direksi perusahaan retail swasta.

"Enggak ada kepentingan, lah. Dalam prosesnya kan ada panitia independen yang melakukan fit and proper test," kata Sigit kepada wartawan, Minggu, 17 Juli.

Sigit menegaskan Tri mengikuti seleksi terbuka kepada Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD). Selanjutnya, para pemegang saham, termasuk Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan satu nama yang akan diangkat sebagai direktur utama.

Kepada Tri, BP BUMD pun telah menegaskan bahwa dirinya memiliki tugas utama untuk menjalankan program pemerintah.

"Tentu juga ada pertimbangan-pertimbangan teknis yang disampaikan. Tapi, sekali lagi, BUMD sebetulnya adalah korporasi yang menyelenggarakan tugas pemerintahan, tidak korporasi murni yang semata-mata mengejar profit dan keuntungan," urai dia.

Sebagai informasi, Anies mengangkat Tri Prasetyo sebagai Dirut Pasar Jaya menggantikan Arief Nasrudin yang kini diangkat sebagai Direktur Utama PAM Jaya.

Jabatan terakhir Tri Prasetyo sebelum diangkat sebagai Dirut Pasar Jaya adalah Operational General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Selain itu, Tri juga pernah menjabat sebagai Distribution Center Manager, Deputy Branch Manager, dan Branch Manager.

Plt. Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Budi Purnama, mengungkapkan, penyegaran dalam jajaran kepengurusan BUMD perlu dilaksanakan agar dapat berperan maksimal kepada masyarakat, salah satunya dengan penggantian Direktur Utama, seperti yang terjadi pada tubuh Perumda Pasar Jaya.

Menurut Budi, Tri Prasetyo telah memenuhi kriteria-kriteria sebagai orang yang mengemban jabatan Dirut Pasar Jaya. Mengingat, Budi memiliki pengalaman pekerjaan dalam merencanakan, mengkoordinasikan, serta mengelola operasional perusahaan retail pada Alfamart.

Budi berharap Tri mampu bekerja sama dengan semua stakehorlders untuk menyelesaikan tantangan Perumda Pasar Jaya ke depan, baik dalam bidang pengelolaan pasar, pembangunan dan/atau revitalisasi bangunan pasar, serta dalam bidang perkulakan dan retail.

“Pengalaman Bapak Tri Prasetyo pada bidang retail diharapkan akan mengembangkan bisnis Perumda Pasar Jaya pada bidang perkulakan dan retail, serta memberikan dukungan dalam program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan,” ungkap Budi.