Alami Lonjakan Baru Kasus Infeksi Akibat Varian Omicron, Selandia Baru Sediakan Masker dan Tes COVID-19 Gratis Bagi Warga
Ilustrasi gerai tes COVID-19 di Selandia Baru. (Wikimedia Commons/Ballofstring)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Selandia Baru pada hari Kamis mengumumkan penyediaan masker dan tes antigen cepat gratis, sebagai upaya untuk membendung penyebaran COVID-19 dan mengurangi tekanan pada sistem kesehatan negara yang menghadapi masuknya pasien COVID dan influenza.

Ada lonjakan signifikan dalam jumlah kasus COVID baru di Selandia Baru dalam beberapa minggu terakhir, dengan pihak berwenang memperkirakan gelombang Omicron ini mungkin yang terburuk daripada yang pertama.

Sistem rumah sakit sudah berjuang dengan peningkatan waktu tunggu dan operasi harus dibatalkan.

"Tidak diragukan lagi kombinasi lonjakan kasus COVID-19 dan rawat inap, musim flu terburuk dalam ingatan baru-baru ini dan ketidakhadiran staf yang sesuai, membuat petugas kesehatan dan seluruh sistem kesehatan berada di bawah tekanan ekstrem," ujar Menteri Tanggapan COVID-19 Ayesha Verrall, melansir Reuters 14 Juli.

Selandia Baru yang memiliki populasi 5,1 juta penduduk, mencatat 11.382 kasus baru COVID-19 pada Kamis, dengan total 68.737 saat ini terinfeksi virus. Dari jumlah tersebut, 765 di antaranya dirawat di rumah sakit.

Respons cepat Selandia Baru terhadap pandemi dan isolasi geografisnya membuat negara itu sebagian besar bebas COVID-19 hingga akhir tahun lalu. Pemerintah Selandia Baru kemudian menghentikan kebijakan nol-COVID awal tahun ini, setelah sebagian besar populasi divaksinasi dan virus telah diizinkan menyebar.

Verrall mengatakan, sementara COVID-zero tidak lagi menjadi kemungkinan orang perlu memakai masker, untuk dites dan untuk mengisolasi jika mereka atau seseorang di rumah mereka dites positif terkena virus.

Pemerintah membuat masker dan tes gratis tersedia lebih luas, memungkinkan apotek menjual obat-obatan COVID dan memperluas kriteria siapa yang memenuhi syarat untuk obat antivirus.

"Sekarang bukan waktunya untuk berhenti memakai masker. Bukti memberi tahu kami bahwa memakai masker mengurangi separuh peluang Anda terinfeksi COVID-19. Ini juga membantu melindungi Anda dari influenza dan penyakit musim dingin lainnya. Jadi, jika Anda tidak memakai masker untuk diri sendiri, tolong pakai satu untuk petugas kesehatan," seru Verrall.