KPK Benarkan Suharso Monoarfa Dilaporkan Terkait Bantuan Carter Pesawat Pribadi
ILUSTRASI/DOK.VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya pelaporan terhadap Menteri Perencanaan dan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa karena dugaan menerima bantuan berupa pesawat carter. Pelaporan dari masyarakat diterima KPK pada Kamis, 5 November.

"Berdasarkan informasi yang kami terima benar ada laporan dimaksud," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan Ali Fikri lewat keterangan tertulisnya, Jumat, 6 November.

Dia mengatakan, pelaporan terhadap Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan dianalisa lebih lanjut. Selain itu, data yang disertakan dalam laporan tersebut akan diverifikasi. 

"Selanjutnya, akan dilakukan telaah dan kajian terhadap informasi dan data tersebut," tegasnya.

Jika dari hasil analisa, verifikasi, hingga telaah dan kajian ditemukan indikasi peristiwa pidana, KPK akan melakukan langkah berikutnya seperti yang diatur dalam proses hukum.

Suharso Monoarfa diketahui menggunakan pesawat pribadi carter saat melaksanakan kegiatan di Aceh dan Padang, Sumatera Barat pada bulan Oktober 2020.

Akibat penggunaan pesawat ini, Suharso lantas mendapat sorotan dari kadernya sendiri yaitu anggota Majelis Pakar PPP Nizar Dahlan. Dia juga mempertanyakan asal dana yang digunakan untuk mencarter pesawat pribadi tersebut karena tentunya harganya tidak murah.

"Rakyat lagi menjerit dalam kemiskinan dan kelaparan, Plt. Ketum malah pakai jet pribadi untuk konsolidasi," kata Nizar beberapa waktu lalu.