Kunjungi Subang, Presiden Jokowi Bagikan Bansos di Pasar Sukamandi
Presiden Jokowi serahkan bansos di Pasar Sukamandi Subang/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat pascapandemi.

“Tadi seperti biasa memberikan tambahan modal kerja untuk usaha-usaha mikro, untuk pedagang-pedagang pasar, untuk pedagang kaki lima. Penting karena kita ingin memicu pertumbuhan ekonomi yang berada di bawah dari pemulihan karena pandemi,” ujar dia, dalam keterangannya di Pasar Sukamandi, Selasa 12 Juli.

Selain bantuan sosial bagi para pedagang, dia juga memberikan sejumlah bantuan bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan, utamanya bagi yang memiliki usaha di rumah.

“Kemudian juga tambahan untuk program PKH terutama juga untuk ibu-ibu yang memiliki usaha-usaha di rumah, usaha-usaha rumahan jadi tambahan modal Rp1,2 juta,” ucap dia. 

Ia berharap bantuan itu dapat memperkuat daya beli masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

“Kita ingin jangan sampai daya beli rakyat itu turun. Sehingga kalau ada kelebihan di APBN, dari pajak, dari PNBP, dari pungutan ekspor akan juga diarahkan untuk yang masyarakat yang di bawah ini juga diperkuat daya belinya. Sehingga bisa nanti akan ada tambahan-tambahan untuk mereka,” tutur dia. 

Turut mendampingi dalam kegiatan itu antara lain Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan Bupati Subang, Ruhimat.