Warga Pekanbaru Ini Bersyukur Sapinya Dibeli Jokowi untuk Kurban
Sapi kurban Presiden Jokowi di Riau tahun ini yang memiliki berat 814 kilogram. (ANTARA/Annisa Firdausi/22)

Bagikan:

PEKANBARU - Afrizal Rasid, warga Kota Pekanbaru, Riau, mengaku bangga sekaligus bersyukur karena sapi peliharaannya dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkurban di Riau pada Iduladha 1443 H.

Pemilik sapi ternak yang terpilih Afrizal Rasid mengaku bersyukur sapinya terpilih sebagai sapi kurban atas nama orang nomor satu di Indonesia.

Sapi kurban Presiden Jokowi untuk Riau pada Iduladha tahun ini dibeli dari Afrizal yang berdomisili di Kelurahan Sialangmunggu, Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru.

Sapi berjenis Simmental dengan berat 814 kilogram ini telah melalui pemeriksaan dan proses seleksi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau serta tim dari Sekretariat Presiden beberapa waktu sebelumnya.

"Kami sangat bersyukur. Terima kasih kepada pihak Dinas Peternakan Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru yang turut andil dalam hal ini," ucap Afrizal dikutip Antara, Selasa, 5 Juli.

Afrizal mengatakan hingga kini belum ada harga yang dipastikan oleh pihak Dinas Peternakan. Namun diperkirakan harga yang disepakati sekitar Rp70 juta.

Terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah ramai menjangkit hewan ternak, Afrizal menyebutkan, pihaknya memberikan perawatan ekstra untuk kesehatan sapi-sapinya dalam menghadapi Iduladha tahun ini.

"Kami bersihkan dan mandikan sapi setiap hari. Ada tambahan makanan dan vitamin berupa jamu. Alhamdulillah hingga kini sapi kami aman," pungkasnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana sapi kurban Presiden Joko Widodo dipotong di Komplek Masjid Agung An Nur, pada Idul Adha 1443 Hijriah sapi kurban Presiden Jokowi akan dipotong di Komplek Pondok Pesantren Babussalam di Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru.