Jokowi Jadi Kepala Negara Asia Pertama Kunjungi Ukraina - Rusia, Pegiat Medsos: Tukang Kayu Berusaha Mendamaikan Dunia
Presiden Jokowi bersama Wali Kota Irpin, Ukraina, di Apartemen Lipky yang hancur akibat perang. (Instagram @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Ukraina dan Rusia mengangkat misi menjalin dialog perdamaian antara dua negara yang sedang dilanda konflik tersebut.

Pegiat media sosial Yusuf Muhammad memuji langkah berani Jokowi mengunjungi medan perang membawa prinsip Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi terciptanya perdamaian di dunia.

Selain menyanjung, Yusuf tak percaya Jokowi yang dahulu seorang tukang kayu kini menjadi kepala negara pertama dari Asia yang mengunjungi Ukraina dan dijadwalkan Rusia saat perang sedang terjadi.

"Tukang kayu sedang berusaha mendamaikan dunia," kata Yusuf dalam akun Twitternya, @yusuf_dumdum, Kamis 30 Juni.

Yusuf mengaku merupakan pendukung setia Jokowi. Dia pun bangga menjadi salah satu dari banyak pendukung mengetahui Jokowi menjalankan misi perdamaian.

"Saya bangga sebagai satu dari ratusan juta debu yang ikut berkontribusi mendukung @jokowi," kata Yusuf.

Menurut Yusuf bertolaknya Jokowi dan rombongan presiden ke medan perang merupakan langkah diplomasi nyata, bukan hanya isapan jempol semata dari wujud tanggung jawab Indonesia yang menyuarakan non-blok dan perdamaian.

"Upaya perdamaian ini adalah wujud usaha nyata, bukan skedar retorika seperti para penghianat bangsa. Semoga niat baik ini ada hasil positifnya," pungkasnya.

Presiden Jokowi bertolak ke Ukraina dan Rusia via Polandia. Rombongan presiden tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszo, Jasionka, Polandia pada Selasa, 28 Juni.

Setelah transit sejenak, Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan rombongan terbatas melajutkan misi damai ke Ukraina.

Di Ukraina, Jokowi berkunjung ke sejumlah lokasi. Rombongan presiden mendatangi puing-puing kompleks Apartemen Lipky bekas hantaman invasi Rusia di Kota Irpin.

Selanjutnya Jokowi berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Selepas itu, Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Istana Maryinsky.

Setelah bertemu dengan Zelensky, Jokowi melanjutkan misi menjalin dialog perdamaian ke Rusia via Polandia.

Rombongan presiden menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) menuju Polandia dari Stasiun Central Kyiv, Ukraina, tepat pukul 19.00 waktu setempat.

Jokowi dijadwalkan tiba esok hari di Stasiun Przemysl Glowny, Kota Przemysl, Polandia. Rombongan akan langsung menuju Bandara Rzeszow-Jasionka untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.