'Menyedihkan', Respons Jokowi Saat Lihat dari Dekat Apartemen Lipky yang Rusak Gegara Perang
Foto via Biro Pers

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara, Iriana meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu, 29 Juni.

Jokowi hadir bersama rombongan untuk melihat puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang. Kepala negara didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin.

"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 29 Juni.

Presiden Jokowi berharap perang bisa segera dihentikan antara Ukraina-Rusia. Sehingga, tak ada lagi kota yang mengalami kerusakan.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," ungkapnya.

Adapun dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga didampingi rombongan terbatas seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi akan berkunjung ke sejumlah lokasi di Ukraina. Pertama, dia akan mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin.

Berikutnya, Presiden dan ibu negara akan mengunjungi Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Selanjutnya pada siang hari, Jokowi akan pergi ke Istana Maryinsky. Dia akan melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi akan dijadwalkan akan bertemu pemimpin masing-masing negara, yakni Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dengan perkiraan waktu pertemuan pada tanggal 29-30 Juni 2022.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menyampaikan misinya ke Ukraina dan Rusia adalah membangun dialog, menghentikan perang, dan membangun perdamaian.

Pertemuan dengan Presiden Zelensky, kata Jokowi, dilakukan untuk membangun perdamaian antara Ukraina dan Rusia. Perang harus dihentikan dan rantai pasok komoditas pangan harus aktif kembali.

Setelah bertemu Zelenskyy, selanjutnya, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Putin. Dia membawa misi yang sama yaitu membuka ruang dialog perdamaian, mendorong gencatan senjata sesegera mungkin, hingga menghentikan perang.

Setelah dari Rusia, Presiden akan berkunjung ke Uni Emirat Arab guna melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi.

Terkait