Sempat Bikin di 2 Sekolah, Pemkab Jayawijaya Rencanakan Lagi Pembuatan Zona Selamat
Zona selamat sekolah di Temanggung Jawa Tengah. (Antara)

Bagikan:

JAYAWIJAYA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, merencanakan pembuatan zona selamat di kawasan masuk sekolah, baik dengan memasang rambu maupun marka jalan dan penyeberangan pejalan.

Kepala Dinas Perhubungan Jayawijaya Pardomuan Harahap mengatakan, sebelumnya pernah dibuatkan zona selamat di dua lokasi namun kini sudah hilang.

"Zona selamat hilang saat ada perbaikan jalan, tetapi nanti kami upayakan lagi untuk memasang marka dan rambu," katanya di Wamena, Jayawijaya, dikutip dari Antara, Rabu, 29 Juni.

Menurut dia, zona selamat percontohan itu pernah dibuat di SD Yapis dan SMP 1 Wamena.

"Kita upayakan lagi kalau jalan di SD percobaan sudah betul-betul diperbaiki, nanti kami pasang marka dan rambu," imbuhnya.

Ia mengatakan, saat ini sedang dipersiapkan Peraturan Daerah (Perda) Jayawijaya tentang rambu-rambu keselamatan agar ketika dilakukan pembangunan, tidak mengabaikan rambu-rambu yang sudah dipasang.

"Dengan demikian, penempatan rambu punya dasar hukum. Kita bisa mengevaluasi titik-titik mana rawan kecelakaan di situ yang nanti kita akan pasang, orang juga tidak akan seenaknya memindahkan rambu. Kalaupun dipindahkan, harus dikembalikan ke posisi semula," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak merusak rambu yang dipasang di sejumlah pertigaan maupun perempatan karena rambu itu membantu pengguna jalan raya agar terhindar dari kecelakaan.