Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyambut baik kunjungan silaturahmi Presiden PKS Ahmad Syaikhu beserta jajaran ke kantor DPP NasDem di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Paloh mengatakan, banyak terjadi pembicaraan antara NasDem dan PKS sesudah makan siang bersama. Dia berharap, kunjungan ini menjadi awal baik untuk mempersiapkan konsolidasi menuju Pemilu 2024 meskipun pada hari ini belum ada kesepakatan berkoalisi. 

"Bagi kami berdua belum ada satu hal yang cukup serius menjadi pembahasan di antara kami. Tetapi telah mendapatkan sesuatu yang dimaknai. Ada banyak kesamaan pandangan pikiran yang amat sangat dimungkinkan untuk dikolaborasikan bersama menjadi suatu harapan meningkatkan upaya yang memang harus dipersiapkan dari dini agar kualitas pemilu pada tahun 2024 yang akan datang bisa jauh lebih baik dari apa yang pernah kita lalui," ujar Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu, 22 Juni. 

Ada beberapa kesepakatan yang dirajut dengan Presiden PKS. Di antaranya, terkait bagaimana agar membangun kesadaran masyarakat di dalam menyongsong, menghadapi dan menjalankan pemilu dengan tetap menjaga semangat solidaritas persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa. Di mana masing masing mempunyai hak dan pilihannya masing masing dengan suasana yang kondusif dan suasana yang jauh lebih riang.

"Nah ini telah menjadi kesepakatan yang memang secara refleksi langsung antara saya dan Pak Syaikhu sebagai ketua umum PKS dan kawan kawan di NasDem," ungkap Paloh. 

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan terima kasih kepada Surya Paloh dan jajaran pengurus Partai NasDem yang telah menerima dengan kehangatan, kekeluargaan dan optimisme menyongsong masa depan yang lebih baik. Syaikhu mengakui banyak titik-titik persamaan dalam pembicaraan yang berlangsung selama dua jam itu.  

"Insyaallah menjadikan kami di PKS dan NasDem akan banyak titik temu menuju agenda-agenda besar yang tentu perlu dipersiapkan. Tentu bukan hari ini saja kami bersilaturahmi, tapi insya Allah akan kita tindaklanjuti dalam tataran di tingkat elite politik lebih teknis. Mudah-mudahan bisa kita lakukan," kata Syaikhu. 

"Dari langkah dan niat baik untuk memperbaiki negeri kita, mudah-mudahan Allah memberikan jalan untuk memudahkan kebersamaan, kolaborasi membangun negeri lebih baik," imbuhnya. 

Baik NasDem dan PKS kompak belum menyatakan membentuk poros koalisi untuk Pilpres 2024. Hanya saja, keduanya sepakat menandatangani dan mengumumkan poin-poin kesepakatan mempersiapkan Pemilu 2024 secara bersama-sama.  

Ini poin-poin kesepakatan NasDem dan PKS sebagai hasil dari pertemuan hari ini yang dibacakan Sekjen NasDem Johnny G Plate, di antaranya: 

Pada hari ini, Rabu, 22 Juni, 2022 fungsionaris DPP Partai NasDem telah bertemu dengan fungsionaris DPP Partai Keadilan Sejahtera di NasDem Tower, Jl. R.P Soeroso No. 42-46, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Kedua partai bertemu dalam rangka silaturahmi.

Dalam pertemuan disepakati untuk menyatukan dan menyamakan visi tentang kehidupan bangsa dan negara dewasa ini.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh rasa persaudaraan tersebut, kedua partai politik sepakat untuk:

1. Membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengungkapkan harkat martabat dirinya sebagai warganegara dalam nilai-nilai Pancasila di atas kepentingan kelompok dan golongan.

2. Menjadikan pemilu serentak 2024 sebagai instrumen demokrasi yang penuh semangat toleransi dan persatuan bangsa.

3. Menyepakati persiapan kerjasama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi pertemuan ini dan senantiasa memberikan kekuatan kepada kedua partai untuk terus berkomitmen pada kesepakatan ini.