Aliansi Dokter Dunia Sebut COVID-19 Sama Seperti Influenza, Wiku: Konten Misinformasi
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan pernyataan Aliansi Dokter Dunia dalam video yang menyebut COVID-19 sama seperti penyakit flu biasa merupakan misinformasi.

"Saya ingin melakukan klarifikasi terhadap video pernyataan Aliansi Dokter Dunia tentang COVID-19. Penting untuk diketahui oleh masyarakat bahwa konten pada video yang disebarkan oleh kelompok aliansi masyarakat dunia masuk dalam bentuk misinformasi," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube, Selasa, 27 Oktober.

Dia memaparkan, selama ini ada tiga kategori misinformasi di tengah masyarakat. Pertama, misinformasi terhadap keyakinan yang bersifat umum.

"Kedua, misinformasi terhadap teori konspirasi. Ketiga adalah misinformasi keyakinan dari agama," tegasnya.

"Sehingga, informasi dalam video ini (video Aliansi Dokter Dunia, red) dapat diidentifikasi sebagai misinformasi yang muncul dengan menyamakan COVID-19 dengan influenza," imbuh dia.

Wiku menjelaskan masyarakat tak perlu percaya terhadap hal tersebut. Karena influenza dan COVID-19 jelas berbeda dari dinamika transisi dan akibat yang ditimbulkan.

Selain itu, Wiku juga mengingatkan masyarakat untuk mengevaluasi kredibilitas informasi yang mereka terima, apalagi jika berkaitan dengan COVID-19. 

Setidaknya, ada sejumlah lembaga yang bisa dijadikan rujukan informasi terkait virus ini.

"Ada Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization, PBB, Center of Disease Control and Prevention atau CDC. Khusus di Indonesia tentunya ada sumber terpercaya yaitu Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan COVID-19," pungkasnya.