Rizieq Shihab akan Pulang ke Indonesia, Ini Kata Kemenlu
Habib Rizieq Shihab/Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyatakan akan pulang ke Indonesia dalam waktu dekat bersama keluarganya. Hal ini disampaikan Rizieq dalam sebuah video yang tersebar.

Dikonfirmasi mengenai kabar kepulangan Rizieq Shihab berserta keluarga, Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengaku belum mengetahuinya. 

"Saya tidak mendapat informasi (mengenai kepulangan Rizieq Shihab)," kata Teuku saat dikonfirmasi VOI, Jakarta, Selasa, 27 Oktober.

Dia menyarankan sebaiknya hal ini ditanyakan langsung kepada Duta Besar Indonesia di Riyadh, Arab Saudi. Menurut dia, perwakilan Indonesia di Arab pasti mengetahui hal ini.

"(Sebaiknya ditanyakan) langsung ke Bubes kita di Riyadh," kata Teuku.

Sementara Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel belum mau menjawab pertanyaan dari tim VOI saat ditanya mengenai informasi kepulangan Rizieq Shihab. 

Adapun dalam video berdurasi 01.30 Rizieq mengatakan, akan kembali ke tanah air untuk berjuang bersama umat. Namun dia tidak mengatakan dengan pasti kapan akan kembali ke Tanah Air.

"Insyaallah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia, akan pulang ke Tanah Air, dan akan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," ujar Rizieq yang terlihat sedang duduk bersama sejumlah orang sambil menyampaikan rencana kepulangannya.

Rizeq dalam video itu menegaskan, keputusannya pulang ke Indonesia adalah sebagai wujud cinta Tanah Air yang disebut dalam kondisi memprihatinkan. Untuk itu, sebagai anak bangsa dia tergugah akan hal ini.

Sementara Persaudaraan Alumni (PA) 212 bakal melakukan penyambutan dengan meriah saat Rizieq Shihab pulang ke Indonesia dari Arab Saudi. 

"Untuk PA 212 sudah pasti akan mempersiapkan sambutan khusus untuk kedatangan beliau," ujar Ketua Media Center Pesaudaraan Alumni 212 atau PA 212, Novel Bamukmin kepada VOI, Senin, 26 Oktober.

Rencananya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) ini akan tiba antara akhir Oktober atau awal November. Namun, Novel belum mau membeberkan. Hanya saja dia memastikan tidak lama lagi Rizieq akan pulang ke Tanah Air.

"InsyaAllah bulan Maulid ini beliau akan pulang," ungkapnya.