Di Hadapan Kader Kepala Daerah Termasuk Ganjar, PDIP Ingatkan Mekanisme Partai: Semua Wajib Disiplin!
Foto via Wardhany Tsa Tsia/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan kepala daerahnya untuk disiplin terhadap mekanisme partai. Semua keputusan, termasuk soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diambil oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sesuai mandat Kongres ke-V PDIP di Bali.

Hal ini disampaikan Hasto saat membuka pengarahan di Rakor Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta pada hari ini, Kamis, 16 Juni.

"PDI Perjuangan sebagai partai ideologis, partai nasionalis soekarnois, demokrasi terpimpin, dan tradisi panjang yang kenal asam garam politik mekanisme baku partai hasil kongres memberikan mandat pada ibu ketua umum. Ini mekanisme kita. Jadi semua wajib berdisiplin kalau mengaku sebagai kader partai," kata Hasto di hadapan kepala daerah dan wakilnya.

Hasto mengingatkan kepala daerah PDIP untuk menjalankan tugas partai, yaitu bergerak ke bawah membantu rakyat. Mereka juga diminta menyelesaikan masalah yang ada.

"Gerakan itu tunggal ke bawah bersama rakyat. Jalankan tugas di wilayahnya masing-masing itu yang harus dilakukan," tegasnya.

Selain itu, kepala daerah juga diminta terus menerus melakukan konsolidasi. Kemudian, mereka juga diharuskan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kepemimpinan partai akhir dari kaderisasi partai, penugasan kader dan penugasan partai skala prioritas saat ini adalah konsolidasi menyeluruh. Konsolidasi menyeluruh tiap hari, kejar prestasi tiga pilar partai di seluruh lini. Itu jawaban kita buat rakyat," ungkap Hasto.

"Sehingga mari kita mengejar prestasi di tengah rakyat bukan prestasi ke atas yang harus kita kejar. Dukung pemerintahan presiden Jokowi mencapai legacy maksimum. Itu prioritas kita," imbuhnya.

Dalam gelaran rakor ini, sejumlah kepala daerah dari PDIP hadir di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Kegiatan diawali dengan pengarahan terhadap kepala daerah secara tertutup. Adapun dalam acara tersebut, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hadir secara daring.

Sementara di lokasi hadir Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto serta sejumlah Ketua DPP, yakni Komarudin Watubun, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Nusyirwan Soedjono, Sri Rahayu, dan Rokhmin Dahuri.

Tak hanya itu, hadir juga Bambang Wuryanto, Wuryanti Sukamdani, Olly Dondokambey, Hamka Haq, dan Djarot Saiful Hidayat. Wakil Bendaraha Umum PDIP Rudiyanto Tjen juga ada di barisan depan. Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) yang saja dilantik Presiden Joko Widodo, Wempi Wetipo, pun hadir.