'Demi Allah Saya Bersumpah...' Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Sah Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju
Foto tangkapan layar Youtube

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pada hari ini, Rabu, 15 Juni.
 
Zulkifli Hasan kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M. Lutfi sementara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN).
 
Acara pelantikan ini diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya. Para tamu undangan termasuk ketua umum partai politik juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut.
 
Setelah Indonesia raya dibacakan, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti membacakan Kepres No 64 P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.
 
"Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Masing-masing, Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)," demikian kata Nanik membacakan kutipan Keppres yang ditetapkan pada Selasa, 15 Juni.
 
Setelah Keppres dibacakan, Jokowi kemudian memimpin pengambilan sumpah para menteri yang baru dilantik ini.
 
"Bersediakah saudara-saudara diambil sumpah menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi.
 
"Bersedia," jawab Zulhas dan Hadi.
 
"Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurusnya demi darma bakti saya pada kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti menteri yang dilantik.
 
 
"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," imbuh Jokowi.
 
Setelah sumpah diucapkan, lagu Indonesia Raya kembali berkumandang. Jokowi kemudian maju menyalami Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto yang baru dilantik.