Waspada PMK pada Ternak, Sleman Minta Pemerintah Suplai Vaksin
Dokter hewan bersiap memberikan suntikan vaksin kepada ternak sapi yang terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Aceh Besar pada Mei 2022. (Antara-Ampelsa)

Bagikan:

SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajukan permintaan bantuan vaksin untuk penanggulangan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DP3 Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan, permintaan vaksin PMK itu diajukan pihaknya ke Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

"Kami terus berupaya agar dapat menanggulangi wabah penularan PMK pada ternak, termasuk meminta bantuan vaksin PMK dari pemerintah pusat," kata Suparmono di Sleman, DIY, Senin 13 Juni.

Menurut dia, sebagai upaya penyebaran dan penularan PMK, pihaknya juga melakukan pengawasan ketat terhadap lalu lintas ternak.

"Selain itu juga melakukan karantina dan pengobatan terhadap ternak suspek," katanya melansir Antara.

Ia mengatakan, berdasarkan sistem informasi kesehatan nasional (isikhnas) per 10 Juni 2022 pukul 10.00 WIB, hewan ternak di Sleman yang suspek PMK berjumlah 1.183 hewan.

"Jumlah tersebut meningkat dibanding data pada 8 Juni 2022 yang berjumlah 908 ternak dengan 882 suspek dan 26 terkonfirmasi positif," katanya.

Suparmono mengatakan, belum semua kasus hewan suspek bisa diteguhkan menjadi PMK, karena belum diputuskan apakah seluruhnya harus menjalani tes PCR atau tidak.

"Jika model penyelesaian PMK seperti COVID-19, maka didorong akan ada pelacakan dan PCR. Padahal, satu tes PCR untuk hewan membutuhkan berkisar Rp500 ribu hingga Rp600 ribu," katanya.

Ia mengatakan, untuk mencegah merebaknya penularan PMK, sementara ini ternak yang suspek di Sleman dikarantina lalu diberi perawatan dan pengobatan.

"Sejumlah sarana dan prasarana dibutuhkan dalam upaya menanggulangi PMK, satu di antaranya obat-obatan dengan jumlah 1.400.000 dosis. Kemudian vitamin 846.000 dosis, desinfektan 900 liter, vaksin 97.050 dosis dan APD 500 set. Saat ini stok masih ada, namun mulai menipis," katanya.

Ia mengatakan, jajarannya sudah mendata hewan yang membutuhkan vaksin dan melaporkan ke pusat dan berharap pada akhir Juni atau awal Juli setidaknya vaksin sudah datang dan bisa segera dimanfaatkan.

"Total jumlah hewan ternak di Kabupaten Sleman mulai dari sapi, kerbau, domba hingga kambing ada sebanyak 103.000. Harapannya 75 persen dari jumlah tersebut nantinya bisa diberi vaksin," tandasnya.