Menhan Prabowo Harapkan Inisiatif Baru Keberlanjutan Kerja Sama Pertahanan RI-Prancis
Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis H.E. Sébastien Lecornu di Singapura/DOK FOTO: Tim Media Prabowo Subianto

Bagikan:

SINGAPURA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis H.E. Sébastien Lecornu di Singapura.

Prabowo berharap ada inisiatif dan langkah-langkah baru yang dapat menjadi bahan pertimbangan atau tindakan kedua pemerintah untuk keberlanjutan kerja sama pertahanan yang saling menguntungkan dalam waktu dekat.

Dikutip dari keterangan tertulis Biro Humas Setjen Kemhan, Sabtu, 11 Juni, pertemuan kedua Menteri Pertahanan ini dilaksanakan di sela-sela mengikuti rangkaian kegiatan International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 di Singapura.

Dalam pertemuan ini Menhan Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada H.E. Sébastien Lecornu yang telah berperan penting dan aktif dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara.

Selanjutnya Menhan Prabowo Subianto menegaskan, Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya di bidang alutsista.

Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis H.E. Sébastien Lecornu di Singapura/DOK FOTO: Tim Media Prabowo Subianto

Kedua negara juga telah menjalin kerja sama pertahanan melalui pertukaran pendidikan dan seminar dalam rangka peningkatan kapasitas di mana kedua belah pihak dapat berbagi informasi dan pengalaman sebagai pembelajaran.

Menhan Prabowo Subianto juga mengharapkan program akuisisi alutsista baru dari Perancis akan meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia melalui kegiatan Transfer of Technology dan joint venture. Dalam rangka pelaksanaan kerja sama industri pertahanan, Indonesia dan Prancis telah menandatangani beberapa MoU pada 10 Februari 2022 di Jakarta.