Peternak Sapi di Kuningan Menjerit Hadapi PMK, Sudah Keluar Uang Belum Tentu Ternaknya Sembuh
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Peternak sapi perah di Kuningan, Jawa Barat berharap bantuan obat untuk penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak mereka.

"Kami membutuhkan bantuan untuk pengobatan ternak yang terjangkit PMK," kata peternak sapi perah asal Kabupaten Kuningan Junen di Kuningan, Kamis 9 Juni dikutip dari Antara.

Junen yang juga Sekretaris Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Nugraha, Kabupaten Kuningan mengaku adanya wabah PMK, banyak peternak sapi perah harus mengeluarkan biaya lebih untuk pengobatan ternak masing-masing.

Ketika sapi sudah terjangkit PMK, katanya, dibutuhkan sekitar Rp200-Rp500 ribu untuk pengobatannya. Padahal, meskipun sudah mengeluarkan banyak uang, belum tentu ternaknya sembuh dan itu yang membuat peternak susah.

"Karena ini wabah, kami meminta bantuan dan keringanan dari pemerintah," ujarnya.

Junen mengatakan saat ini ada ratusan sapi perah yang terjangkit PMK dan membuat produksi susu terganggu, karena produktivitas menurun drastis.

"Kalau sudah terkena PMK, sapi susah untuk memproduksi susu," katanya.

Apalagi, kata Junen, adanya kabar hoaks yang menyebutkan bahwa susu dan daging dari sapi terjangkit PMK tidak boleh dikonsumsi, ini butuh edukasi kepada masyarakat luas.

"Daging dan susu masih bisa dikonsumsi, meskipun sapi sudah terkena PMK," tuturnya.

Sementara itu dokter Hewan Medik Veteriner Dinas Perikanan dan Peternak Kabupaten Kuningan Rofiq mengatakan petugas kesehatan hewan saat ini sedang fokus melakukan penyembuhan terhadap ternak yang terjangkit PMK.

Ia menjelaskan sapi perah menjadi hewan yang rentan terserang wabah PMK, karena kondisi kandang berdekatan membuat virus tersebut cepat menyebar.

"Kami fokus pada pengobatan ternak yang terkena PMK, dari data yang ada kesembuhan cukup tinggi," katanya.