Di Vatikan Menag Yaqut Undang Langsung Paus Fransiskus Datang ke Indonesia
Paus Fransiskus berdoa untuk korban perang di Kota Tua Mosul, Irak, Maret 2021. (Antara-Reutes-Khalid al-Mousily)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terbang ke Vatikan, Italia. Bersama Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya, Menag berencana mengundang Paus Fransiskus datang ke Tanah Air.

"Tujuan kunjungan kami ke Vatikan mengundang Paus Fransiskus untuk menyapa umat Katolik dan menyaksikan keragaman yang dimiliki Indonesia. Sebelum pandemi Paus berencana datang ke Indonesia tapi batal karena pandemi," ujar Menag Yaqut, dikutip dari siaran pers Kementerian Agama, Rabu 8 Juni.

Tak hanya bersama Gus Yahya, turut serta bertemu pemuka agama Katolik dunia itu Plt. Dirjen Katolik Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, dan Staf Khusus Menag Abdul Qodir. Rombongan bertolak ke Vatikan pada Selasa 7 Juni dini hari.

Pada hari pertama kunjungan, Selasa malam atau Rabu 8 Juni waktu Indonesia, Menag menyapa warga Indonesia di Vatikan dan Roma. Pertemuan yang diinisasi KBRI Vatikan itu dihadiri biarawati, pelajar, mahasiswa, serta para pekerja Indonesia.

Pertemuan tersebut dibuka Duta Besar Indonesia untuk Vatikan, Laurentius Amrih Jinangkung. Dalam kesempatan sama, Menag menjelaskan Kementerian Agama telah mencanangkan tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi.

Pencanangan ini menjadi salah satu wujud komitmen kuat dari pemerintah untuk senantiasa merawat toleransi, baik toleransi sosial, agama, maupun politik. Hal itu, kata Menag, menjadi modal sosial yang sangat penting untuk membangun bangsa.

Apalagi, lanjut Menag, Indonesia akan menghadapi momentum politik pada tahun 2024. Untuk itu, diperlukan upaya bersama seluruh lapisan masyarakat untuk meminimalisasi potensi politisasi agama.

“Kita ingin menjadikan Indonesia sebagai barometer kehidupan keberagamaan yang rukun dan harmoni dalam keberagaman, serta masyarakatnya toleran dan saling menghargai perbedaan,” ujar dia.

Menag meyakinkan Kementerian Agama tidak bersikap berat sebelah. Dia berpesan, sesama umat beragama saling hormat-menghormati, begitu juga kepada yang berbeda keyakinan.

“Kementerian Agama bertugas melayani umat dari semua agama. Tidak ada diskriminasi," tandasnya.