Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, bicara soal capres dan cawapres yang berpeluang diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pilpres 2024.

Menurut Zulhas, panggilan singkat Zulkifli Hasan, capres yang akan diusung KIB bisa berasal dari internal PAN, Golkar, dan PPP. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan mengusung calon dari luar koalisi yang baru resmi dideklarasikan semalam itu.

"Dari PAN satu ya, dari Golkar dari PPP, itu internal kita kan. Tentu dari luar juga, segala kemungkinan bisa," ujar Zulhas kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 5 Juni.

Hanya saja, kata Zulhas, sejauh ini belum ada pembahasan terkait capres dan cawapres di dalam koalisi.

"Itu (capres) belum dibahas, nanti," katanya.

Zulhas mengatakan, saat ini koalisi tengah memperkuat platform guna memajukan Indonesia agar tak lagi terjadi politik polarisasi.

"Kita ingin bagaimana Indonesia menghadapi geopolitik yang berubah. Jadi, banyak tantangan Indonesia yang tak mudah akan kita hadapi, itu dahulu yang kami rumuskan," katanya.

Wakil Ketua MPR itu menambahkan, banyak tantangan yang dihadapi Indonesia, sehingga pihaknya perlu turut merumuskan persoalan-persoalan yang terjadi. Setelah itu, kata Zulhas, barulah Koalisi Indonesia Bersatu mencari siapa sosok yang bakal diusungnya menjadi capres.

"Nanti siapa, cari yang cocok jadi presidennya, kan gitu," ucapnya.