Pencarian Eril Berlanjut, Polisi Swiss Terjunkan Anjing Pelacak Pencari Jenazah
Tim SAR terus menyusuri meter demi meter di salah satu titik pencarian di tepian sungai Aare pada hari Rabu (1/6) Foto via KBRI Swiss

Bagikan:

JAKARTA - Adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman saat ini ada di Swiss untuk melanjutkan proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Elpi menggantikan Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya yang telah pulang ke Indonesia setelah beberapa hari memantau proses pencarian anaknya yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

"Hari ini saya ada di Swiss, sejak kemarin. Keluarga melanjutkan pantauan, mencari Emmeril Mumtadz," kata Elpi dalam konferensi pers virtual, Jumat, 3 Juni.

Pihak keluarga bilang, Kang Emil dan Atalia ikhlas melepas kepergian Eril dan meyakini Eril dalam keadaan meninggal dunia akibat tenggelam.

Dalam proses pencarian selanjutnya, Elpi menyebut kepolisian Swiss menerjunkan anjing pelacak yang secara spesifik bakal mencari jenazah Eril.

"Untuk situasi pencarian saat ini sudah bersiap menerjunkan anjing pelacak yang memiliki kemampuan khusus untuk mencium aroma di permukaan (sungai)," ungkap Elpi.

Sementara itu, Kakak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menyebut saat ini adiknya beserta sang istri, Atalia Praratya telah ikhlas melepas kepergian Eril.

"Kang Emil dan Teh Lia menyampaikan bahwa mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emeril Kahn Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat, pulang ke rahamtullah karena tenggelam," ujar Erwin.

Erwin menuturkan, pihak keluarga sudah berkoodinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat dan memutuskan untuk menyalatkan Eril dalam salat gaib sesuai syariat Islam.

"Di mana dalam hal ini, memberikan, menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim dari muslim lain, yaitu disegerakan disholatkam mana kala wafat," ucap dia.