Bagikan:

JAKARTA - Viral video seorang mahasiswi keperawatan curhat tentang pengalamannya pertama kali memasang kateter atau alat bantu buang air kecil kepada seorang laki-laki seumurannya.

Mahasiwi itu sedang praktik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Curhatnya tentang memasang kateter dalam bentuk video lantas diunggah ke platform TikTok.

"Ketika aku harus memasang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulisnya dalam keterangan unggahan videonya di TikTok.

Dia pun membubuhkan keterangan yang mengatakan perilakunya tetap profesional di depan pasien yang dirawatnya. "Tapi tetap harus profesional ya," sambungnya.

Tak lama postingan itu menjadi heboh setelah akun Twitter @AREAJULID kembali mengunggah dalam bentuk tangkapan layar kemarin. Namun banyak yang komen calon tenaga kesehatan itu diduga telah melakukan pelecehan seksual kepada pasiennya.

Kehebohan itu ternyata diketahui mahasiswi tersebut yang langsung memberikan klarifikasi. Dia menjelaskan apa maksud dari unggahannya.

Mahasiswa itu mengatakan unggahan videonya soal pasang kateter kepada pasien pria tidak seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Dia berdalih unggahannya di TikTok itu hanya untuk hiburan semata.

"Video TikTok ini cuma buat seru-seru, dari aku juga enggak nyebutin siapa pasiennya. Ini lebih ke sharing pengalaman dan aku yakin bukan cuma saya yang ngerasa gitu," ujar mahasiswi yang diketahui berasal dari Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta tersebut.

Di akhir penjelasannya, mahasiswi itu meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung. Dia tidak menyangka videonya viral dan menjadi heboh.

Sedangkan pemakaian kata yang menunjukkan perawakan pasien pria ketika sedang dipakai kateter, mahasiswa itu beralasan hanya sebagai "tambahan" saja.

"Konten aku uda parah banget karena beberapa orang nganggep mungkin itu lelucon, beberapa orang menganggap itu pelecehan seksual tapi jujur dari aku pribadi ga ada maksud apapun. kata ganteng atau cakep itu cuma tambahan," sambungnya.

Klarifikasi RSUD Wonosari

Tak hanya mahasiswi, RSUD Wonosari juga melakukan klarifikasi menanggapi video viral tersebut.

Mereka menjelaskan bahwa benar wanita yang berpakaian nakes memasang kateter kepada pasien remaja pria terjadi di RSUD. Namun, pihak RSUD menegaskan yang bersangkutan berstatus mahasiswi magang.

"Menanggapi konten video yang sedang viral dimedia. Kami RSUD Wonosari menyampaikan bahwa yang bersangkutan bukan merupakan pegawai RSUD Wonosari, tetapi mahasiswa dari universitas X yang sedang praktek di RSUD Wonosari," tulis akun Instagram resmi RSUD Wonosari, @RSUD_Wonosari.

RSUD Wonosari mengaku akan memperdalam kasus ini. Dengan kejadian yang dialami pasien remaja pria dan pihak yang terdampak atas video yang beredar, RSUD Wonosari mengucapkan permintaan maafnya.

"Kejadian ini akan segera ditindaklanjuti oleh Tim Manajemen RSUD Wonosari. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya - PPID RSUD Wonosari-," demikian klarifikasi.