PAN Ajak PKS Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Golkar: Masih Inklusif-Terbuka Tapi Airlangga Sebagai Capres
Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily (Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengajak PKS untuk bergabung ke dalam koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP. Menanggapi ajakan PAN ke PKS, Golkar menyatakan bahwa koalisi ini masih inklusif dan terbuka bagi partai politik lain. 

"Memang kita KIB di dirikan masih inklusif, kita masih terbuka untuk menerima partai lain selain tiga partai yaitu Golkar, PAN, PPP untuk bersama sama di KIB ini. Asal proses lebih dulu kita membahas gagasan dan keinginan bersama di dalam strategi pilpres maupun Pemilu 2024 nanti," ujar Ace di Gedung DPR, Senin, 30 Mei. 

Ace menuturkan, seperti yang dikatakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa partai yang tergabung dam Koalisi Indonesia Bersatu harus satu misi dan visi pada Pemilu 2024. Baik Pileg, Pilkada maupun Pilpres. 

"Itu yang disampaikan Pak Airlangga Hartarto sebagai ketum Partai Golkar bahwa KIB sifatnya masih inklusif dengan ketentuan kita punya kesamaan ide, gagasan, strategi dalam konteks Pemilu, Pilpres, Pileg 2024 dan juga soal Pilkada di 2024," jelas Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu. 

Namun soal kandidat pilpres, kata Ace, Partai Golkar tetap menjadikan Airlangga sebagai capres.

"Tentu Partai Golkar sendiri sudah memiliki ketetapan untuk menjadikan Pak Airlangga sebagai calon presiden begitu," 

"Tapi tentu itu nanti akan dibicarakan bersama ketum koalisi partai lainnya," demikian Ace.