Bagikan:

BATAM - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 SD dan SMP di Kota Batam akan digelar secara online. Orang tua calon siswa diminta untuk tidak termakan rayuan oknum yang menjanjikan anak mereka bisa diterima dengan membayar sejumlah uang.

Pendaftaran PPDB tingkat SD di Kota Batam akan digelar mulai tanggal 6-10 Juni 2022. Sementara untuk tingkat SMP akan dibuka mulai tanggal 17-22 Juni 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan mengatakan, proses PPDB 2022 ini tak dipungut biaya atau gratis. Menurutnya, orang tua bisa mendaftar dan mengecek sendiri dengan menggunakan telepon genggam.

"Jadi jangan percaya sama oknum, saya sudah tegaskan tidak ada pungutan dalam PPDB," kata Hendri, seperti dilansir Antara, Sabtu, 28 Mei.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyatakan, pelaksanaan PPDB tahun ini pihaknya menggunakan jasa pihak ketiga. Ini demi mendukung kelancaran serta meminimalisir gangguan teknis pada saat melakukan pendaftaran secara daring.

"Alhamdulillah OPD teknis kita Dinas Pendidikan sudah bertemu langsung dengan vendor dan lakukan uji coba terhadap daerah-daerah di daratan ini, sementara ini hasilnya cukup baik," kata Amsakar Achmad.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, Amsakar mengatakan sempat terjadi penumpukan yang mendaftar dengan menggunakan aplikasi sehingga kapasitas aplikasi tersebut terganggu.

"Jadi tahun yang lalu saya turun langsung ke sekolah-sekolah dan Dinas Pendidikan, kita menemukan fakta dalam satu waktu ada tumpukan yang mendaftar menggunakan aplikasi, sehingga kapasitasnya tidak beraturan dan terganggu," ujar dia.