Satu Bangunan Tak Berpenghuni di Samarinda Kebakaran, Tiga Unit Mobil Damkar Dikerahkan
Disdamkar Samarinda berhasil cegah meluasnya kebakaran rumah/Foto: Antara

Bagikan:

SAMARINDA - Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Samarinda, Kalimantan Timur, dibantu relawan berhasil mencegah meluasnya kebakaran rumah di Jalan P Hidayatullah Kelurahan Pelabuhan RT 09 Kecamatan Samarinda Kota pada Jumat 27 Mei.

"Kebakaran yang terjadi di Kecamatan Samarinda Kota sore tadi tidak meluas karena petugas dibantu relawan cepat datang ke lokasi kejadian," ujar Kepala Disdamkar dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH di Samarinda, Jumat 27 Mei.

Dengan cepatnya penanganan ini, kebakaran tersebut hanya menghanguskan satu bangunan rumah kosong, dengan durasi kebakaran sekitar 30 menit, yakni waktu kejadian pukul 16.15 Wita dan padam pada 16.45 Wita.

"Kebakaran tadi menghanguskan satu bangunan rumah bertingkat yang tidak berpenghuni. Rumah tersebut berukuran 8 kali 6 meter. Penyebab api belum diketahui karena masih dalam penyelidikan," kata Hendra dikutip Antara.

Saat melakukan pemadaman, katanya, tidak terjadi kendala di lapangan, sementara mobil pemadam dari Disdamkar yang berada di lokasi adalah dari Posko 1 sebanyak tiga unit, dari Posko 2 ada satu unit, dan satu unit mobil rescue.

Dalam pemadaman tersebut juga ada bantuan dari Satuan PMK Swasta Samarinda, Satuan Balakarcana Samarinda, dan Relawan Kota Samarinda.

Sedangkan dari bagian keamanan dan instansi antara lain dari Polsek Samarinda Kota, Babinsa dan Babinkamtibmas, dan dari Patroli Beat 110.

"Kemudian ada dari bagian medis, Palang Merah Indonesia (PMI), Samarinda Siaga 112, Emergency Medical Team, dan dari Indonesian Escorting Ambulance," ucap Hendra.